Published On: Sab, Mei 28th, 2016

Diperkirakan Musim Kemarau Mundur

Share This

TUBAN

seputartuban.com – Dampak dari elnino menyebabkan musim kemarau dibeberapa daerah di Tuban mengalami mundur. Sebelumnya berdasarkan perkiraan dari BMKG musim kemarau akan terjadi pada bulan Mei ini, namun hingga saat ini masih terjadi hujan dibeberapa daerah.

JOKO LUDIONO: Warning ini untuk memberikan kecerahan pola pikir masyarakat agar dapat berpartisipasi sebelum terjadinya bencana musiman itu sendiri.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono mengatakan bahwa saat ini masih ada kenaikan suhu air laut yang menyebab masih terjadinya hujan. Hujan tersebut diperkirakan akan terjadi hingga bulan Juli mendatang. “Bulan Juli diperkirakan baru akan masuk musim kemarau secara keseluruhan,” kata Joko Ludiono, Kamis (26/5/2016).

Sedangkan daerah yang diperkirakan masih mengalami hujan diantaranga daerah yang berada dipegunungan kapur. Seperti Kecamatan Grabangan, Kecamatan Soko, Kecamatan Semanding, Kecamatan Montong dan Kecamatan Kerek.

Curah hujan yang terjadi tidak begitu tinggi, namun disertai angin dan petir. Serta bila hujannya lebih dari 2 jam tetap berpotensi terjadinya banjir bandang. Sehingga diharapkan masyarakat harus berhati-hati dan tidak berteduh dibawah pohon pada saat hujan. “Beberap kecamatan diperkirakan mengalami hujan dan berpotensi banjir bandang,” sambungnya.

Joko menambahkan, dengan mundurnya musim kemarau juga berdampak mundurnya musin hujan tahun ini. Diharapkan para petani dapat membaca situasi ini, sehingga tidak mengalami kerugian. “Para petani harus bisa lebih cermat dalam melihat kondisi cuaca, sehingga mereka tidak mengalami kerugian karena kesalahan menanam,” pungkas Joko. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author