Published On: Sen, Agu 8th, 2016

Diperkirakan Kilang Minyak Baru Butuh Hingga 50 Ribu Tenaga Kerja

JENU

seputartuban.com – Akan berdirinya kilang minyak di Kecamatan Jenu jelas akan lowongan kerja baru, baik untuk tenaga skill maupun tenaga non skill. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memperkirakan kilang minyak tersebut membutuhkan tenaga kerja hingga 50 Ribu orang.

Kabag Humas dan Media Pemkab, Teguh Setyobudi

Kabag Humas dan Media Pemkab, Teguh Setyobudi

Kabag Humas dan Media Setda Tuban, Teguh Setyobudi, mengatakan bahwa Pemkab Tuban memperkirakan pada tahun 2018 Kilang minyak tersebut butuh tenaga mencapai 4 Ribu hingga 5 Ribu tenaga kerja. “Ditargetkan tahun 2018 sudah mulai pembangunan fisik konstruksi awal,” katanya, kemarin.

Sedangkan di Tahun berikutnya yakni pada tahun 2019 hingga 2021, tahun tersebut pada proses konstruksi diperkirakan membutuhkan tenaga kerja sekitar 40 ribu hingga 50 ribu tenaga. Kemudian tahun berikutnya kebutuhan tenaga kerja menurun karena sudah mengandalkan skill, diperkirakan sekitar 3 ribu tenaga kerja.

Pemkab berharap banyaknya kebutuhan tenaga kerja di kilang minyak yang dikerjakan Rosneft asal Rusia tersebut menjadi kesempatan warga lokal untuk dapat bekerja. Sehingga secara tak langsung dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Tuban bisa berkurang. “Dengan adanya kilang minyak tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga. Selain itu juga mampu memicu efek banya disekitarnya,” jelas Teguh.

Pemkab Tuban juga akan bekerjasama dengan Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi untuk membantu terkait penyiapan tersedianya tenaga kerja dari warga lokal. Baik dalam bentuk penyampaian informasi lowongan kerja dan informasi lainnya hingga penyerapan tenaga kerja.

Diketahui, penerbitan Peraturan Presiden mengenai pelaksaan pembangunan dan pengembangan kilang minyak di dalam negeri, yang diteken Presiden Joko Widodo, (22/12/2015). Keputusan itu menjadi dasar hukum pembangunan kilang Tuban. Pemerintah menugaskan kepada PT Pertamina (Persero) untuk menjalankanya.

Diproyeksikan kilang Tuban dapat memproduksi minyak hingga 300 ribu barel per-hari. Dengan kebutuhan biaya pembangunan mencapai Rp. 165 triliun. Sekitar 30 – 40 persen sumber pendanannya dari kas Pertamina, sedang sisanya dari pinjaman. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author