Published On: Sab, Apr 2nd, 2016

Diperkirakan Awal Kemarau Mulai Akhir April

TUBAN

JOKO LUDIONO: Warning ini untuk memberikan kecerahan pola pikir masyarakat agar dapat berpartisipasi sebelum terjadinya bencana musiman itu sendiri.

Joko Ludiono ; Kemarau mulai akhir april

seputartuban.com – Diperkirakan musim kemarau mulai minggu ketiga atau keempat April 2016. Hal itu sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya. Sehingga masyarakat dapat menyiapkan diri terkait peralihan musim itu.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono mengatakan Kabupaten Tuban diperkirakan masuk musim kemarau paling awal dibanding kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur. “Pemantauan BMKG, diprediksi Tuban paling awal,” katanya, jumat (1/4/2015).

Namun ada beberapa daerah di Tuban yang diperkirakan akan memasuki musim kemarau awal bulan Mei. Daerah yang dimaksud yakni, Kecamatan Parengan, Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Grabagan, Kecamatan Plumpang, dan Kecamatan Widang.

Dalam laporan BMKG, Jawa Timur, selain kabupaten Tuban, pesisir utara Madura selain Bangkalan juga diprediksi masuk musim kemarau paling awal. “Tuban paling awal, karena memang saat ini curah hujannya paling rendah dibanding daerah lain kecuali daerah sekitar bengawan solo,” lanjut Joko.

Fokus BPBD Tuban dalam waktu dekat adalah mengantisipasi potensi bencana bawaan masa pancaroba atau peralihan musim. Menurutnya, pada masa pancaroba biasanya disertai meningkatnya kecepatan angin yang menimbulkan terjadinya puting beliung. Sedangkan wilayah kabupaten Tuban sebagian masih rawan diterjang puting beliung.

Selain itu, pihaknya juga akan mengantisipasi terjadinya potensi kekeringan. Karena diperkirakan kemarau berlangsung lebih lama. “Kita punya hutan yang luas dan tingkat kekeringan cukup tinggi, jadi ada potensi kebakaran lebih besar,” jelasnya.

BMKG juga memprediksi wilayah perairan utara jawa, April hingga Agustus 2016 cenderung hangat sehingga penambahan massa uap air cukup tinggi. Indeks Dipole Mode (IDM) rentang waktu itu diprediksi normal sehingga curah hujan kurang banyak. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author