Published On: Sel, Okt 14th, 2014

Dinas PU Tuban Akan Lelang “Besi Tua”

TUBAN

BESI TUA: Beberapa kendaraan berat yang dibiarkan mangrak di halaman belakang kantor Dinas PU Pemkab Tuban. (foto: ARIF AHMAD AKBAR)

BESI TUA: Beberapa kendaraan berat yang dibiarkan mangrak di halaman belakang kantor Dinas PU Pemkab Tuban. (foto: ARIF AHMAD AKBAR)

seputartuban.com-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab akan segera melelang kendaraan alat berat yang sudah tidak bisa diharapkan manfaat dan kegunaannya secara optimal.

Selain karena uzur dimakan usia, sangat tidak mungkin melakukan repair karena biayanya sendiri mencapai separoh harga alat berat keluaran terbaru.

Barang-barang yang akan dilelang tesebut adalah mobil vibro roller wireless (mesin slender) buatan tahun 1968, tiga unit dump truck tahun 1980 serta dua unit mobil kijang produksi tahun 1981 dan 1982.

“Kondisinya sudah termasuk kategori besi tua dan sangat memprihatinkan,” kata Kepala UPT  Perbekalan dan Peralatan Dinas PU Pemkab Tuban, Winarno, Selasa (14/10/2014) siang.

Menurut dia, untuk optimalisasi kendaraan alat berat yang mangkrak di halaman parkir belakang Dinas PU terkendala kesulitan penggantian onderdil yang sudah tergolong langka.

“Harga onderdilnya sangat mahal. Rata-rata harganya separoh lebih dari harga kendaraan baru. Daripada mangkrak lebih baik dilelang saja,” jelas dia.

Sayangnya, sambung Winarno, hingga kini usulan lelang yang diajukan ke Bagian Perlengkapan  Pemkab Tuban belum ada jawaban.

Sementara pengurus barang bagian inventarisasi di Dinas PU, Suroyo, mengimbuhkan mayoritas alat berat yang mangkrak tersebut sudah tahun lama sehingga komponen onderdilnya sulit dicari karena tergolong barang antik.

“Untuk apa menumpuk barang yang tidak layak pakai. Kalau dilelang mungkin lebih berguna dan bisa dimanfaatkan pihak lain,” tandas dia.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos