Published On: Jum, Jun 5th, 2015

Dinas Pertanian Ancam Tarik Traktor Bermasalah

TUBAN

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah pusat yang akan segera didistribuan kepada kelompok tani. (foto: MUHLISIN)

TEPAT SASARAN: Sejumlah traktor bantaun dari pemerintah sudah didistrbusikan kepada kelompok tani

seputartuban.com – Menanggapi rumor Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsinta) yang disalahgunakan, Dinas Pertanian Pemkab Tuban mengancam akan menarik bantuan tersebut jika ditemukan adanya penyelewengan.

Bidang Tanaman Pangan dan Pengadaan Alat Mesin Pertanian, Dinas Pertanian Pemkab Tuban, Sutrisno mengatakan jika pihaknya menemukan penyelewengan penggunaan bantuan Alsinta jenis hand traktor tersebut akan ditindak tegas. Dengan menarik bantuan tersebut ke dinas dan akan diberikan kepada kelompok tani lainya.

“Kami akan menarik bantuan traktor tersebut jika di dapati terdapat penyelewengan dalam penggunaanya” katanya Jumat (05/06/2015).

Sutrisno mengaku selama ini dirinya belum pernah mendapat laporan adanya penyalahgunaan Alsinta dari UPTD Pertanian kecamatan. “Untuk pengawasan penggunaanya kami berikan kepada masing-masing UPTD pertanian di seluruh kecamatan se Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Bantuan hand traktor diberikan untuk menunjang kegiatan pertanian. Sebagai pengelolanya adalah Ketua Kelompok Tani, dengan kesepatakan harga sewa penggunaan traktor sesuai dengan kesepakatan kelompok tani.

Dengan perhitungan hasil harga sewa traktor akan dibagi menjadi tiga. Dari 100% pendapatan, dibagi 30 % untuk operator, 40 % untuk kas kelompok tani dan 30% lebihnya untuk perbaikan dan operasional.

Diketahui, selama 2014 sebanyak 120 hand traktor dibagi kepada kelompok tani. Dengan rincian 93 unit dari dana APBN, 8 unit dari APBD Provinsi Jatim dan 19 unit dari APBD Kab. Tuban.

Sedangkan pada Januari hingga Juni 2015 telah disalurkan 79 hand traktor. Dengan rincian 66 unit dari dana APBN dan 13 unit dari APBD Provinsi Jatim.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author