Published On: Rab, Feb 6th, 2013

Dikeluhkan Klaim Jampersal Lama

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

Ilustrasi bengkuluekspress.com

Ilustrasi bengkuluekspress.com

seputartuban.com – Pencairan klaim Jaminan Persalinan (Jampersal) di Kabupaten Tuban masih dikeluhkan. Pasalnya dalam tiap klaim yang diajukan bidan, rata-rata membutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan baru dapat dicairkan. Kondisi ini dapat mengganggu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi C DPRD Tuban, Mukhammad Musa, Selasa (5/2/2013). Pihaknya mendapat keluhan dari sejumlah bidan soal lamanya pencairan klaim Jampersal ini. Sehingga tidak jarak membuat para bidan desa harus menunggu lama, sampai dananya cair. “Kita mendesak kepada Pemkab agar Klaimnya dipercepat. Agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Tuban, Saiful Hadi saat dikonfirmasi terkait hal ini melalui ponselnya mengatakan lamanya pencairan klaim bukan disebabkan dinasnya. Melainkan mekanisme yang harus dilakukan dalam proses pencairan itu terlalu panjang.

“Dananya kan bukan dikita. Sehingga kita ngajukan dulu ke Pemkab. Selain antri juga disesuaikan dengan ketersediaan anggaran di Pemkab tiap bulanya. Kalau prosesnya di kita sudah dipercepat, dan harapan kita sebenarnya bisa diringkas saja. Tapi peraturanya harus begitu, kalau tidak dilakukan bisa kena BPK,” jelasnya.

Diketahui, selama 2012 jumlah dana Jampersal yang sudah dicairkan sekitar Rp. 1,8 milyar. Sedangkan anggaran 2013 belum dapat dipastikan nominalnya, karena masih menunggu alokasi dana dari pemerintah pusat.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author