Published On: Kam, Jun 15th, 2017

Difasilitasi PT Semen Gresik, Puluhan Wartawan Jalani Uji Kompetensi

seputartuban.com, KEREK – Sebanyak 38 wartawan dari Wilayah Kabupaten Tuban dan sekitarnya mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW). Acara tersebut diselenggarakan Rabu (14/6/2017) sampai Kamis (15/6/2017) di Auditorium PT Semen Gresik, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Peserta terbagi dalam tingkatan ujian Muda dan Madya.

Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir saat menyampaikan sambutan pembukaan UKW ke XVIII di Auditorum PT Semen Gresik, Rabu (14/6/2017)

Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban dan PT Semen Gresik tersebut sudah angkatan ke XVIII yang dilaksanakan PWI Jatim. Dengan total seluruh wartawan yang sudah lulus UKW sekitar 900-an orang dari total sekitar 2000-an wartawan yang bertugas di Jawa Timur.

“Tantangan kami adanya praktek wartawan bodong. Kami melawan dengan meningkatkan profesionalitas wartawan. Alhamdulillah dari UKW yang dilaksanakan PWI Jatim, sudah 4 kali dibantu sepenuhnya PT Semen Indonesia dan kali ini oleh PT Semen Gresik,” kata Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir dalam sambutan pembukaan UKW, Rabu (14/6/2017).

Dengan mengikuti UKW, wartawan jika lulus dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers dan terdata resmi. Setelah melalui serangkaian kelulusan materi yang diujikan sesuai dengan tingkatannya. “Saya berharap rekan-rekan bekerja profesional dengan meningkatkan kompetensinya,” imbuhnya.

Diketahui, UKW tingkat muda diperuntukkan bagi wartawan atau reporter dengan materi ujian lebih banyak bersifat teknis lapangan. Sedangkan tingkat Madya diperuntukkan bagi kalangan redaksi, dengan materi ujian tentang keredaksian. Yakni manajemen redaksi, hingga pengolahan bahan dan berita hingga layak publikasi.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Direktur Utama PT Semen Gresik Sunardi Prionomurti, Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban Agus Wijaya serta utusan dari Kodim 0811 Tuban. UKW kali ini merupakan kedua kalinya yang dilakukan di Kabupaten Tuban setelah beberapa tahun lalu diselenggarakan di kawasan komplek Pendopo Krido Manunggal Pemkab Tuban. Nal

Facebook Comments

About the Author