Published On: Ming, Des 8th, 2013

Diduga Timbunan Solar Subsidi Terbakar

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Sebuah gudang bekas pabrik tebu yang diduga dipergunakan untuk penimbunan solar di Dusun Jabung, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, terbakar Jum’at (06/12/2013) malam.

timbunan solar

CEK LOKASI : Polisi dilokasi kejadian kebakaran

Kebakaran ini awalnya diketahui oleh tetangga lokasi kejadian, bernama Sungkono (54), warga setempat. Sekitar pukul 19.15 WIB api bermula dari sisi utara rumah. Bertepatan disekitar titik api, terdapat buld atau jurigen besar berisi solar. Jurigen 200 liter itu tersulut api dan ikut terbakar. Sedangkan menurut informasi, timbunan ini berkapasitas 1.000 liter.

Api semakin membesar dan sempat membumbung tinggi. Hingga mengenai kabel listrik. Mengakibatkan aliran listrik disekitar lokasi padam. Terlihat teras gudang terkena api, banyak kayu dan genteng yang rusak. Tidak hanya itu, pohon sukun yang berada diselatan titik api ikut terbakar.

Beruntung, tidak berselang lama, 2 unit mobil pemadan kebakaran datang untuk memadamkan api. Sekitar 30 menit kemudian api berhasil dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke rumah disisi selatan gudang. “Saya tadi lihat api sudah membakar jurigen besar itu. Banyak solarnya, jadi langsung mudah saja, ” katanya.

Ditanya adanya gudang dipergunakan untuk lokasi penimbunan solar, Sungkono membenarkan. Setiap harinya sekitar 4 sampai 5 orang bekerja didalam gudang. Mereka bertugas sebagai pengangkut dan pembeli solar di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). “1 orang itu bawa jurigen banyak. Dibawa ke gudang sini (lokasi). Malah mau membuat gubuk depan gudang, ” lanjutnya

solar tuban

HEBOH : Kondisi buld tampungan solar terbakar

Masih menurut Sungkono ini sudah berlangsung sekitar 10 hari. Setiap hari selalu didatangi kendaraan tangki yang mengambil solar dalam gudang. Menurutnya, aktivitas dan bau yang ditimbulkan dari penimbunan solar itu sangat menggangu warga sekitar. “Sudah 7 hari ini, setiap hari ada truk tangki keluar masuk mengisi solar, ” imbuhnya.

Senada disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) desa setempat, Nur Nai’m. Saat dikonfirmasi di lokasi kebakaran dirinya membenarkan bahwa gudang dipergunakan untuk penampungan solar. Dirinya juga mengatakan bahwa usaha tersebut milik Udin (36), warga Desa Sugihwaras dan Bahak (33), warga Desa Sekardadi, keduanya Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. “Ini rumah milik H. Rusdi, dulu sekitar tahun 1985 dipergunakan untuk gudang pabrik tebu. Yang terbakar solar didalam buld. Dikirim ke pabrik solarnya,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Jenu AKP Murni Khamariah saat dikonfirmasi terkait penimbunan solar mengaku belum mengetahuinya siapa pemiliknya. Karena mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan. “Kita belum jelas, masih dilakukan pengembangan. Tadi saya tanya pemiliknya juga hanya bilang solar terus diam saja saat saya tanya dijual kemana,” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author