Published On: Ming, Apr 17th, 2016

Didik Mukrianto Pahamkan Pemuda Tentang Nilai Pancasila

BANGILAN

Didik Mukrianto

Didik Mukrianto

seputartuban.com – Penanaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kembali disampaikan oleh anggota MPR RI Dapil Jatim IX (Tuban-Bojonegoro), Didik Mukrianto SH., MH. Dalam rangkaian kegiatannya sebagai anggota MPR RI di Desa Bangilan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Sabtu (16/4/2016).

Dalam acara yang dipandu Sigit Yulianto mewakili unsur pemuda di Desa Bangilan itu dikemukakan Pancasila sebagai dasar bernegara menjadi kekuatan besar. Yakni perekat berbagai elemen masyarakat untuk menghadapi berbagai persoalan bangsa.

Fakta itu dapat dilihat dalam sejarah dari awal kemerdekaan, orde lama, orde baru hingga reformasi. Terbukti pancasila selalu menjadi pemersatu banga, sekaligus menjadi tempat bersandar bagi segenap komponen bangsa. Ketika Indonesia menghadapi ujian begitu berat yang mengancam keutuhan NKRI.

“Ideologi pancasila adalah hasil ikhtiar pendiri bangsa, foundhing fathers yang dipelopori Ir. Soekarno. Dalam sidang-sidang PPKI/BPUPKI dimana Ir. Soekarno mengemukakan nilai-nilai Pancasila yang beliau gali dari nilai-nilai luhur budaya nusantara yang sudah ada berusaha diwujudkan dalam konsep bernegara dan berbangsa,” ujar Didik Mukrianto.

Dalam paparannya, Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Demokrat itu juga menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar bernegara harus terus ditanamkan dalam segenap kehidupan bermasyarakat. Khususnya kalangan pelajar, mahasiswa, pemuda dan masyarakat luas. Sebagai nilai luhur untuk menciptakan ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.

Begitu juga bagi penyelenggara pemerintahan, Pancasila harus terus digalakkan baik melalui kegiatan penataran, Diklat serta seminar. Yang melibatkan kalangan pegawai pemerintahan baik sipil/militer. Sehingga memperkuat NKRI dari berbagai rongrongan baik ideologi atau paham-paham dari luar negeri yang mulai menggejala di masyarakat. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author