Published On: Sel, Sep 19th, 2017

Didik Mukrianto, Konsisten Ajak Mengamalkan Makna 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

seputartuban.com – Dalam rangka menghidupkan kembali nilai-nilai luhur bangsa Indoneisa, Anggota MPR RI, Didik Mukrianto, SH., M.H kembali mengadakan kegiatan sosialisasi pemahaman 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Daerah Pemilihan Jatim IX (Tuban-Bojonegoro) yang dilaksanakan di Tuban, Senin (18/9/2017). Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat, mahasiswa dan organisasi PSHT.

BERSOSIALISASI : Didik Mukrianto saat bercengkerama dengan sejumlah tokoh disela-sela kegiatan

Kegiatan ini merupakan tugas setiap Anggota MPR RI, para jajaran Pimpinan dan Anggota MPR RI. Berkomitment untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap nilai-nilai luhur bangsa. Yang terdapat dalam konsepsi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Penyebutan istilah 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tidaklah dimaksudkan bahwa keempat Pilar tersebut memiliki kedudukan yang sederajat. Setiap Pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda. Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara,” ujar Anggota Komisi III DPR RI ini.

4 Pilar dari konsepsi kenegaraan Indonesia tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa ini untuk bisa berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan, bahwa itulah prinsip-prinsip moral keindonesiaan yang memandu tercapainya perikehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Kenapa kegiatan sosialisasi ini sering dilaksanakan? Karena kegiatan sosialisasi merupakan wujud usaha sengaha untuk melakukan penyadaran, pengembangan, dan pemberdayaan menyangkut 4 Pilar ini. Sehingga kegiatan sosislisasi ini penting untuk dilaksanakan. Kita sebagai segenap warga Negara Indonesia harus sama-sama bertanggung jawab untuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai 4 Pilar dalam kehidupan sehari-hari”, jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB PRUI ini.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, makna yang terkandung dalam 4 Pilar ini dapat dijadikan panduan yang efektuf dan nyata. Apabila semua pihak, segenap elemen bangsa, benar-benar mampu mengamalkannya dalam arti yang seluas-luasnya.

“4 Pilar ini merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. Melalui pengamalan nilai-nilai 4 Pilar ini, diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasimalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri ini,” pungkasnya. Rls/Nal

Facebook Comments

About the Author