Published On: Rab, Sep 6th, 2017

Dibawah Patung Letda Sucipto,  Aktivitas HMI Solat Goib Untuk Rohingnya

seputartuban.com, TUBAN – Tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Arakan-Rakhine, Myanmar  yang terus memanas sejak pertengahan Bulan Agustus lalu, i memantik aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)Cabang Tuban untuk turun aksi pada Selasa (5/9/2017) pagi.  Mereka menyerukan perdamaian dengan melalui orasi kebangsaan hingga melakukan solat goib di bawah Patung Letda Sucipto Tuban. 

AKSI ROHINGYA : Sejumlah aktivis HMI Tuban melaksanakan solat gaib di bundaran Patung Letda Sucipto Tuban

Koordinator Aksi, Andik Nurrohmat mengatakan bahwa aksi yang dilakukan bersama 11 temanya itu merupakan seruan moral. Yakni untuk memberikan dukungan kepada pemerintah pusat agar segera melakukan tindakan nyata, serta turut  terlibat dalam menyelesaikan perkara tersebut.
“Kami meminta agar umat muslim di Indonesia tidak mudah terpengaruh dengan politik ekonomi yang saat ini tengah melanda saudara-sadura muslim kita di Myanmar, pemicu terjadinya pembantaian etnis rohingnya tersebut karena Sumber Daya Alam (SDA) diwilayah setempat tengah diperebutkan oleh berbagai kelompok.” tegasnya. Selasa (5/9/2017) siang usai berorasi.

Dari hasil kajian yang sudah dilakukanya, pihaknya menyerukan agar masyarakat tidak terkecoh tentang isu pembantaian yang selama ini beredar. Tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi tersebut lantaran kerukunan umat beragama diwilayah setempat sedang diadu domba oleh oknum yang memiliki saham atas usaha Migas diwilayah setempat.

Dampaknya, pihak militer setempat menduga bahwa pemicu terjadinya konflik tersebut ialah kelompok umat beragama yang tidak menyetujui dibangunya pipa gas sepanjang 110 km membentang antara wilayah Arakan menuju Rakhine.

“Kami mendesak kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan diplomasi hukum sebagai bentuk tindakan tegas atas kondisi ini. sehingga penidasan terhadap etnis Muslim Rohingya dapat segera dihentikan, ” imbuhnya.

Dari data yang dimiliki, dua wilayah tersebut diperkirakan memiliki cadangan minyak bumi sebesar 7,836 trilliun kaki kubik gas dan 1,379 milliar barrel minyak. serta cadangan minya 1,744 triliun kaki kubik gas dan 1,569 miliar barel minyak. Besarnya sumber daya tersebut dimungkinkan membuat berbagai negara berkeinginan untuk mengelolanya dengan jalan pintas.

Diketahui, Aksi solidaritas terhadap umat muslim rohingnya itu diawali melakukan jalan kaki dengan membentangkan berbagai poster dari kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga, kemudian menuju bundaran patung Letda Soetcipto untuk melakukan orasi dan solat goib. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>