Published On: Jum, Agu 14th, 2015

Di Tuban Stok dan Harga Daging Sapi Aman

TUBAN

MENUNGGU PEMBELI: Seorang penjual daging sapi di Pasar Baru Tuban, Jumat (14/08/2015 pagi.

MENUNGGU PEMBELI: Seorang penjual daging sapi di Pasar Baru Tuban, Jumat (14/08/2015 pagi.

seputartuban.com-Gonjang ganjing pasar daging sapi nasional ternyata tidak sampai menular ke Kabupaten Tuban. Stabilnya pasar ini karena stok daging sapi lokal di Bumi Wali, berdasar pantauan Dinas Perekonomian Dan pariwisata Tuban, aman hingga akhir tahun nanti.

“Memang harga daging sapi di Tuban sudah mengalami peningkatan namun belum signifikan. Ini karena stok daging sapi masih cukup banyak dihasilkan oleh peternak lokal” kata Kepala Bidang
Perdagangan Dinas Perekonomian dan pariwisata Tuban, Bismo Aji, Jumat (14/08/2015) siang.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi di Kabupaten Tuban penyebabnya pada jalur distribusi. Bukan dampak pengurangan sapi impor yang kini jadi trending topik nasional.

Berdasar pantauan Bismo, tren kenaikan harga daging di Tuban mengalami peningkatan tiga kali terhitung sejak jelang lebaran Idul fitri lalu. Ramadhan lalu harga dagung sapi terpantau Rp 95 ribu per kilo yang kemudian naik menjadi Rp 105 ribu saat lebaran.

“Dua minggu terakhir harga daging sapi di Pasar Baru Tuban terpantau Rp 110 ribu,” jelas Bismo sembari menyebutkan pada wilayah pinggiran seperti Kecamatan Montong, Bangilan, Singgahan dan Kecamatan Jatirogo masih berkisar pada angka Rp 100-105 ribu per kilonya.

Namun begitu, dia mengatakan beberapa wilayah Kabupaten Tuban menerima pasokan daging peternak lokal. Hanya saja suplainya masih belum sepenuhnya menutupi kebutuhan pasar.

“Ini yang kemudian menyebabkan anara suplai dan permintaan tidak seimbang, seingga mempengaruhi harga di pasaran,” tandas Bismo.

Sementara untuk mengantisipasi aksi spekulan daging sapi dan tengkulak memanfaatan momen gonjang ganjing pasar nasional, menurut Bismo, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Disperindag Jawa Timur serta berkordinasi dengan Dinas Perdagangan di kabupaten lain, untuk bertukar informasi harga terkini.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author