Published On: Sel, Nov 10th, 2015

Di Tuban Pick Up Pengangkut Gunungan “Damen” Jadi Arang

SEMANDING

APES: Inilah pick up L 300 bernopol S 8317 HF yang terbakar akibat gunungan jerami yang  diangkutnya dilalap api di Jalan Raya Pakah KM 13, Senin (09/11/2015) siang.

APES: Inilah pick up L 300 bernopol S 8317 HF yang terbakar akibat gunungan jerami yang
diangkutnya dilalap api di Jalan Raya Pakah KM 13, Senin (09/11/2015) siang.

seputartuban.com-Tumpukan jerami atau damen yang tingginya melebihi bodi kendaraan yang mengangkutnya bukan pemandangan asing di Kabupaten Tuban.

Namun fakta timpang di jalan raya tersebut menjadi tidak biasa, setelah sebuah pick up L 300 bernopol S 8317 HF ludes terbakar akibat gunungan jerami yang diangkutnya dilalap apidi Jalan Raya Pakah KM 13, Senin (09/11/2015) siang.

Uniknya, dalam insiden di jalur Tuban-Surabaya atau tepatnya di kawasan yang populer disebut Hutan Jalin Pakah itu, sopir pick up Sampurno (37) warga Desa Gesing, Semanding ini, baru mengetahui gunungan jerami yang diangkutnya terbakar setelah diteriaki pengguna jalan lainnya.

“Saya baru tahu jerami di bak belakang terbakar justeru dari pengemudi mobil yang melaju daria arah berlawanan,” tutur Sampurno di lokasi kejadian.

Setelah melihat dari kaca spion ternyata api sudah membesar. Sampurno menduga api berasal dari seberang jalan yang tertiup angin dan jatuh persis di atas gunungan jerami yang diangkutnya.

Sadar bahaya di belakangnya, Sampurno kemudian menginjak pedal rem dalam-dalam sembari memindahkan gigi mundur kendaraannya. Dalam hitungan detik dia tancap gas dan kendaraan melaju mundur dengan kecepatan tinggi dan mendadak mengeremnya.

“Dengan begitu saya berharap tumpukan jerami yang sudah terbakar tumpah dengan sendirinya, dan mobil saya selamat dari kebakaran,” kata Sampurno.

Namun usaha yang didasari kepanikan itu justeru malah membuat mobil pengangkut gunungan jerami masuk ke dalam parit di sisi jalan. Akibatnya api bertambah besar dan dengan cepat menjalar ke seluruh bodi mobil hingga jadi arang.

Api baru behasil dipadamkan sejam kemudian setelah mobil Damkar Pemkab Tuban tiba di tempat terjadinya kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, Ipda Nungky Sambodo, membenarkan kejadian tersebut meski belum dapat memastikan dari mana asal api sebagai sumber kebakaran karena masih melakukan pendalaman.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author