Published On: Rab, Sep 23rd, 2015

Di Tuban Beredar Hewan Qurban Penyakitan

TUBAN

RADANG MATA: Seorang petugas kesehatan hewan tengah memeriksa seekor kambing yang akan  dijadikan qurban.

RADANG MATA: Seorang petugas kesehatan hewan tengah memeriksa seekor kambing yang akan
dijadikan qurban.

seputartuban.com-Sehari jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, diam-diam di Kabupaten Tuban banyak ditemukan hewan qurban berpenyakit menular.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tuban, Cipta Dwipriata, mengatakan berdasarkan pantauan yang dilakukan tenyata banyak ternak qurban dalam kondisi berpenyakit.

“Ada beberapa hewan qurban di pasaran yang menderita penyakit mata dan penyakit kulit,” kata Cipta saat ditemui di tempat penampungan hewan qurban Pemkab Tuban di Kelurahan Sidorejo, Rabu (23/09/2015) pagi.

Menurut dia, di tempat ini saja ditemukan sebanyak dua hewan jenis kambing berpenyakit dari sekitar 27 ekor kambing yang diperiksa.

Sementara di agen penjual hewan qurban wilayah Kelurahan Perbon ditemukan sebanyak delapan ekor kambing berpenyakit dari sekitar 112 ekor kambing yang diperiksa.

Sedangkan satu ekor sapi juga ditemukan berpenyakit dari 10 ekor sapi yang diperiksa. Cipta menjelaskan, hewan qurban yang mengidap penyakit mata tersebut tidak berbahaya.

Namun hewan tersebut dinyatakan tidak bisa dijadikan qurban karena tidak memenuhi standar kelayakan.

“Supaya bisa masuk kategori layak qurban maka hewan-hewan Itu harus segera diobati mumpung masih ada waktu,” tandas dia.

Cipta mengimbuhkan, penyakit yang menjangkiti hewan tersebut disebabkan kondisi kandang yang kotor. Juga pemeliharaan yang kurang baik serta kelalaian penjual memperhatikan kesehatan hewan qurban.

“Kami sudah membagikan obat-obatan untuk hewan yang terserang penyakit radang mata. Dengan begitu hewan yang disiapkan untuk qurban benar-benar layak,” tutur Cipta.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author