Published On: Kam, Okt 13th, 2016

Desa Sumber dan Desa Boncong Terancam Pilkades 2018

TUBAN

seputartuban.com – Pilkades serentak 8 Desember 2016 di 36 desa se-Kabupaten Tuban, masih menyisakan 2 desa yang hingga saat ini belum ada bakal calon yang mendaftar. Yakni Desa Sumber, Kecamatan Merakurak dan Desa Boncong, Kecamatan Bancar. Padahal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban jadwal pendaftaran balon Pilkades ditutup per 20 September 2016.

Sumber : Bagian Humas dan Media Setda Kab. Tuban

Sumber : Bagian Humas dan Media Setda Kab. Tuban

Kepala Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi, mengatakan untuk kedua desa yang belum memiliki Balon masih diberi waktu tenggang atau masih ada kesempatan untuk kedua Desa tersebut hingga 15 Oktober 2016.

“Begitu pula untuk Desa Sukoharjo Bancar juga ada perpanjangan atau kami masih menunggu ada pendaftar (Balon Pilkades) lagi. Sebab desa tersebut hanya ada satu pendaftar,” katanya, Rabu (12/10/2016).

Praktis, hanya menyisakan beberapa hari saja. Jika memang kedua desa tersebut belum ada Balon-nya, lantas kebijakan apa yang akan dilakukan Pihaknya?. Dia menyampaikan, jika sudah dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran tetap tidak ada Balon, maka pelaksanaan pesta demokrasi desa itu akan diikut sertakan dalam Pilkades serentak gelombang kedua, pada tahun 2018.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebenarnya waktu yang telah ditetapkan, bahwa pendaftaran dilaksanakan selama 13 hari, yakni mulai dari 25 Agustus hingga 6 September. Dan Bapemas masih menunggu hingga per 20 September karena masih ada lima Desa yang belum punya Balon.

Namun hingga tanggal 20 September tersebut, ke dua desa itu masih saja belum ada pendaftar dan Desa Sukoharjo masih hanya satu pendaftar, maka Bapemas masih memberi tenggang waktu hingga 15 Oktober 2016. “Untuk Desa yang calonnya tunggal maka dengan bumbung kosong,” jelasnya.

Sedangkan para Balon Pilkades tersebut yang hingga saat ini ada 96 Balon dari 34 Desa, masih menjalani pemeriksaan administrasi pendaftaran untuk ditetapkan menjadi Calon Kades. “Berarti penetapannya menjadi calon kades, pasca tanggal 15 Oktober,” kata Mahmudi. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author