Published On: Sen, Okt 31st, 2016

Desa Sumber dan Desa Boncong Siap Ikuti Pilkades Serentak 2016

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Desa Sumber Kecamatan Merakurak dan Desa Boncong Kecamatan Bancar akhirnya siap mengikuti Pilkades serentak Tahun 2016. Yang sebelumnya diketahui keduanya hingga batas tahapan akhir pendaftaran bakal calon (Balon) belum terdapat pendaftar.

pilkadesKepala Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi menyampaikan sebelumnya pihaknya memberi tenggang waktu untuk kedua desa tersebut hingga tanggal 15 Oktober 2016 karena keduanya belum memiliki Balon. Akhirnya sebelum jatuh tempo tersebut, keduanya sudah terdapat Balon yang mendaftar.  “Jadi untuk ke 36 Desa yang mengikuti Pilkades serentak 2016, saat ini sudah memiliki calon semua,” katanya, Jumat (28/10/2016).

Dia menjelaskan untuk Desa Sumber terdapat tiga Balon dan Desa Boncong Kecamatan Bancar ada dua Balon. Sedangkan Desa Sukoharjo Kecamatan Bancar yang sebelumnya memiliki Balon tunggal kini memiliki dua Balon.

Sebelumnya, pihaknya juga menyampaikan, jika memang hingga batas akhir waktu belum ada kandidat yang menyalonkan diri dalam pilkades serentak, maka Desa yang bersangkutan akan diikut sertakan dalam Pilkades serentak gelombang kedua pada tahun 2018. Hal itu disampaikan kepada panitia Pilkades sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Data akhir jumlah Balon Pilkades seluruhny ada 102 Balon dari 36 Desa. Saat ini masih menjalani pemeriksaan administrasi pendaftaran untuk ditetapkan menjadi Calon Kades. “Penetapannya menjadi calon kades, secepatnya pekan pertama awal Nopember,” masih kata Mahmudi.

Diketahui, sebenarnya waktu yang telah ditetapkan, bahwa pendaftaran Balon dilaksanakan selama 13 hari, yakni mulai dari 25 Agustus hingga 6 September. Bapemas masih menunggu hingga 20 September karena masih ada lima Desa yang belum punya Balon.

Namun hingga batas itu masih terdapat 2 desa yang belum memiliki Balon serta 1 desa Balon tunggal. Kemudian Bapemas Pemdes dan KB memberikan waktu tambahan pendaftaran Balon hingga 15 Oktober dan seluruh desa sudah terdapat Balon. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author