Published On: Kam, Nov 3rd, 2016

Desa Rengel Terbanyak Mendapatkan Dana Pilkades

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban memastikan 36 desa yang rencana akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 9 Desember 2016 sudah siap. Hak itu disebabkan karena 36 desa tersebut sudah melakukan tahapan dan seluruhya memiliki Bakal Calon (Balon) Kepala Desa.

Data dari Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban

Data dari Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi mengatakan bahwa untuk saat ini semua 36 desa sudah siap, tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sudah dilaksanakan. “Mereka sudah siap melaksanakan Pilkades 9 Desember besok,” katanya kemarin.

Sedangkan untuk anggaran pelaksanaan Pilkades tersebut, Pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 1,185 miliar. Setiap desa akan memperoleh biaya operasional panitia sebesar Rp 10 juta. Selain itu juga mendapatkan Rp 7,500 untuk dihitung per pemilih dikalikan jumlah total pemilih dalam desa tersebut. “Untuk anggaran saat ini sudah proses pencairan dan masih dilakukan verifikasi data setiap desa,” sambungnya.

Data sementara, dana paling banyak akan diterima Desa Rengel, Kecamatan Rengel dengan total Rp. 63,010,000. Rincianya 7,068 (jumlah pemilih) dikalikan Rp. 7,500 kemudian ditambahkan Rp. 10,000,000. Dengan jumlah Balon 3 orang.

Sedangkan paling sedikit akan diterima Desa Kemlaten, Kecamatan Parengan. Dengan rincian 738 (jumlah pemilih) dikalikan Rp. 7,500 ditambah Rp. 10,000,000. Sedangkan jumlah Balon Kades yang sudah mendaftar sebanyak 2 orang.

Sementara itu, untuk keamanan sudah dilakukan koordinasi oleh Satpol PP dengan pihak TNI dan Polri. Nantinya juga akan dibantu oleh Linmas yang ada dimasing-masing desa.

Mahmudi berharap agar semua panitia selalu menjaga netralitasnya. Sehingga pelaksanaan Pilkades tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Yang terpenting panitia bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan menjaga netralitasnya,” harapnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos