Published On: Ming, Feb 3rd, 2013

Demo Blokir Holcim Mulai Diselidiki Polisi

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

TUBAN

Kapolres Tuban, AKBP. Awang Joko Rumitro terjun langsung saat membubarkan aksi blokir jalan

Kapolres Tuban, AKBP. Awang Joko Rumitro terjun langsung saat membubarkan aksi blokir jalan

seputartuban.com – Aksi unjuk rasa yang dilakukan warga ring 1 PT Holcim beberapa waktu lalu mulai diselidiki Polisi. Diduga ada pelanggaran hukum karena massa melakukan aksi pemblokiran jalan. di jalan utama, Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jum’at (25/1/2013).

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Arief Kristanto saat dikonfirmasi, Sabtu (2/2/2013) melalui ponselnya membenarkan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Terhadap pelanggaran perundang-undangan dalam aksi massa tersebut.

Diantaranta soal menganggu ketertiban umum. Dan saat ini baru 4 orang yang sudah dimintai keterangan sebagai bahan pengembangan penyelidikan kasus ini. “masih dalam proses, mengumpulkan keterangan saksi dilapangan dan barang bukti,” jelasnya.

Diketahui, ratusan warga dari Desa Merkawang, Desa Mliwang, Desa Sawir, Desa Karangasem, Desa Glondonggede dan Desa Kedungrejo, Kecamatan Tambakboyo melakukan pemblokiran jalan hampir 1 jam.

Mereka menyampaikan 5 tuntutanya. Yakni semua tenaga kerja PT. Holcim harus warga di Ring 1. Warga Ring 1 menolak adanya penempatan security dari luar Ring 1.  Perekrutan karyawan harus melalui mekanisme warga Ring.

Akibat aksi ini membuat Kapolres Tuban, AKBP Awang Joko Rumitro tutun langsung dan menemui peserta aksi. Bahkan dengan tegas menyampakan kepada warga jika pemblokiran masih dilakukan, mereka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Karena sudah mengganggu ketertiban umum dangan menutup akses jalan utama menuju pabrik Holcim dan jalan penghubung 2 desa tersebut.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. imam khafas berkata:

    polisi kok ngurusi orang demo, demo khan dijamin undang undang, mbok yao ngurusi peredaran daftar G yg berkeliaran di tuban dan di tiap kecamatan lalu tangkap dan bersihkan

  2. aceng berkata:

    la iya… kalo memang ini benar adanya ..berarti ada pihak terkait yang tidak terima dengan aksi demo kemarin yang.. mengeluarkan securty non ring dari luar ring…kalo memang demo kemarin di tindak lanjuti ke ranah hukum.. berarti holcim gak ada etika baik dengan warga sekitar. mungkin aksi yamg lebih gede akan terjadi lagi.. karena seluruh kepala desa di Ring I holcim sudah memberikan warning kepada holcim tentang kasus demo ini.bisa-bisa tutup kang Holcim.