Published On: Sel, Des 13th, 2016

Demi Warga, Pemdes Rahayu Fokus Perbaikan Infrastruktur

SOKO

seputartuban.com – Untuk memenuhi usulan warga tentang perbaikan infrastruktur, Pemerintah Desa (Pemdes) Rahayu, Kecamatan Soko telah melakukan pembangunan saluran air (drainase) dan perbaikan jalan lingkungan. Seluruhnya sudah dikerjakan pada akhir November 2016 yang didanai dari Dana Desa (DD).

SUDAH MULUS : Kondisi jalan lingkungan Dusun Kayunan yang sudah diperbaiki memudahkan warga dalam aktifitas

“Seluruh pembangunan yang sudah diselesaikan itu sesuai Hasil Musyawarah melibatkan warga. Pengerjaan terakhirnya meliputi pengaspalan jalan lingkungan,” terang Kepala Desa Rahayu, Sukisno. Selasa (13/12/2016) siang.

Terakhir, pengerjaan yang dilaksanakannya adalah pengaspalan jalan, kegiatan itu sudah dilaksanakan sejak awal hingga akhir bulan Nopember atau selama 30 hari, di Dusun Kayunan. Sedangkan volume pengerjaan pengaspalan tersebut panjang keseluruhanya mencapai 102 Meter, dengan lebar 3 Meter. “Pengerjaanya berada disepanjang jalan lingkungan wilayah Dusun Kayunan,” imbuhnya.

Pembangunan lainya yang lebih dulu diselesaikan adalah pembangunan saluran drainase. Yakni dimulai pada pertengahan bulan Juni hingga akhir bulan Juli 2016. Dengan panjang 850 Meter dan lebar 50 cm, serta berkedalaman 60 cm.

Dengan lama pelaksanaan pembangunan selama 40 hari, yakni terhitung sejak Kamis (23/6/2016) hingga Senin (3/8/2016). Kedua fasilitas umum itu menjadi prioritas karena jalan digunakan sebagai akses masyarakat menuju jalan poros desa. Selain itu, jalan lingkungan tersebut merupakan jalan usaha tani masyarakat.

Pembangunan yang sudah dilakukan sangat meringankan beban masyarakat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jangka pendeknya, seluruh kegiatan pengerjaan itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini disebabkan karena seluruh tenaga kerja pembangunan diambil dari warga setempat. Sedangkan jangka panjangnya, masyarak setempat lebih mudah mengangkut hasil panen untuk dibawa menuju rumahnya masing-masin. Serta memperlancar aktifitas masyarakat dalam sehari-hari.

Diketahui, beton jenis U-ditch dipilih sebagai bahan material utama dalam pembangunan saluran. Selain mudah dan mempercepat pembangunan pengerjaan karena pekerja tinggal melakukan pemasangan dan penyambungan.

Beton jenis ini lebih kuat dan berperan ganda. Yakni selain mampu berperan sebagai saluran dengan baik, produk tersebut juga dapat berperan menjaga stabilitas kontur tanah agar tidak bergerak saat dilalui kendaraan. Sehingga tidak merusak badan jalan dan mengakibatkan jalan menjadi bergelombang. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author