Published On: Jum, Apr 28th, 2017

Demi Perbaikan Kualitas Pemilu, KPUK Tuban Dirikan Rumah Pemilu Lontar

seputartuban.com, TUBAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban, Kamis (27/4/2017) mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Langsung Objektif Netral Terbuka Akuntabel Rahasia atau disingkat Lontar.

Peresmian sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat itu dihadiri lintas instansi juga partai politik peserta pemilu. Bahkan antusias itu nampak dari hadirnya tokoh dan papan bunga ucapan yang berderet di depan Kantor KPU Kab. Tuban, jalan Pramuka No. 3 Tuban.
RPP Lontar merupakan pusat edukasi kepemiluan untuk masyarakat. Dengan ukuran 10 kali 20 meter. Dengan meliputi Ruang Display, Ruang Auditorium Visual, Tempat Diskusi, Media Center, Ruang PPID, Perpustakaan. Selain itu juga terdapat maket ruangan hingga sejumlah informasi penting dan menarik lainya.

Dalam RPP Lontar terdapat Ruang Simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menginformasikan sistem pemungutan suara di TPS. Ruang display dan audio visual menginformasikan melalui rekaman video tentang sejarah pemilu, mars, Jingle dan informasi lainya. Sedangkan Media Center atau ruang diskusi digunakan untuk konferensi pers dan diskusi kepemiluan. 

RUMAH DEMOKRASI : Diresmikan RPP Lontar diharapkan menjadi sarana edukasi demokrasi masyarakat

Tidak kalah penting adalah ketersediaan literatur. Yakni buku bacaan tentang kepemiluan juga tersedia di mini library. Didalamnya terdapat buku dokumentasi Pemilu Bupati 2010 dan 2015, dan Pemilu 2014 serta buku-buku kepemiluan lainya.
Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan tujuan didirikannya RPP Lontar sebagai pusat pendidikan kepemiluan. Juga sebagai tujuan wisata demokrasi. “Juga sebagai pusat pegiat pemilu dalam berdiskusi/lokakarya dalam menelurkan ide-ide baru untuk pembaharuan sistem pemilu,” katanya.

Dengan didirikannya RPP Lontar diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana tahapan penyelenggaraan pemilu berjalan. “Sehingga memberi wawasan atau pengetahuan tentang kepemiluan bagi masyarakat. Selain itu diharapkan dapat menjadi destinasi wisata kepemiluan di Tuban,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO/*

Facebook Comments

About the Author