Published On: Kam, Des 12th, 2019

Demi Jalankan Amanah Guru, GASMI Tuban Resmi Jadi Anggota IPSI

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

seputartuban.com, TUBAN – Gerarakan Aksi Silat Muslimin Indonesia ( GASMI) di Kabupaten Tuban, kini telah berdiri sendiri menjadi anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tuban. Nomor :935/IPSI pengkab. TBN/VIII/2019. Dengan jumlah  150 anggota yang sudah terdaftar.

Ketua GASMI  Cabang Tuban, Muhammad Hayat

Hal itu diungkapkan oleh Ketua GASMI  Cabang Tuban, Muhammad Hayat kepada seputartuban.com saat ditemui di kediamannya, Rabu (11/12/2019). Selain menegaskan GASMI yang tidak lagi menjadi bagian dari Pagar Nusa, juga menjelaskan sejumlah hal penting tentang organisasi yang dipimpinnya.

Dia menceritakan sejarahnya GASMI, yang  berdiri resmi menjadi organisasi sejak 11 januari 1966. Kemudian resmi masuk ke IPSI sejak tahun1975. Berdirinya GASMI ini dilatar belakangi adanya pergolakan adanya perampasan secara sepihak dan adanya kesewenang-wenangan dari partai komunis .

“Maka Mbah Maksum untuk mewadahi gerakan itu mendirikan sebuah perguruan. Tetapi pada saat itu belum resmi masih embrio. Saya dulu merintis  di Tuban tahun 2000. Saat ini kami ingin berdiri secara independen karena ini merupakan amanah dari guru saya yang harus saya wujudkan,” tegasnya.

Ditambahkan, nanti visi misinya GASMI  tetap seperti semula.  GASMI  Berdiri secara  independen dan akan bergerak sesuai AD/ARTnya. Sedangkan  Pagar Nusa ( PN)  milik NU.  Ia menjelaskan, untuk menyatukan bela diri dari orang-orang NU, dari beladiri-beladiri yang beragam agar menjadi satu perkumpulan, yakni diwadahi dalam Pagar Nusa (PN) itu.

“Untuk menghindari pemahaman yang salah bahwa Gasmi masih anggota PN,  bahwa GASMI ini lebih dulu berdiri dari pada PN. Karena PN berdiri pada tahun 1986 dan pendirinya sama mbah Kyai Maksum, namun embrio PN adalah dari GASMI,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya  ke depan juga tetap akan mendidik anggotanya menguasai beberapa seni. Antara lain budaya olahraga dan budaya spiritual. Tidak hanya itu juga mengajarkan nilai-nilai tauhid atau ketuhanan. Gasmi tetap akan mengawal ulama-ulama ahli sunah wal jama’ah khususnya juga menjaga keutuhan NKRI dan tetap menerima pancasila sebagai asas negara.  “Targetnya yang penting kita bisa mencetak generasi-generasi sesuai dengan bidangnya, kalau masuk di IPSI kita bisa mencetak atlet,” tandasnya.

Mengenai berdirinya GASMI secara independen, dia mengaku bermula ketika kongres PN di Lamongan. Karena ada yang kurang sesuai dengan ajarannya sehingga membuat para tokoh GASMI kurang berkenan . Sehingga  pihak keluarga Lirboyo  mengurusi surat-surat GASMI untuk berdiri sendiri supaya tidak berebut.  “Sebenarnya tidak ada masalah antara PN dan GASMI. Saya sendiri Ketua GASMI  dan juga dewan pendekar juga di PN. Jadi tidak ada masalah sama sekali,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :