Published On: Jum, Mar 29th, 2013

Deklarasi Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik

Share This
Tags

TUBAN

KIP 4seputartuban.com – Untuk percepatan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Tuban. Sesuai amanat Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 tahun 2008. seputartuban.com menggelar Deklarasi Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik, di Gedung KSPKP, Kamis (28/03/2013).

Dalam acara ini, hanya 4 lembaga pemerintahan yang menyatakan diri siap menjalankan UU KIP. DPRD Tuban, Pemkab Tuban, Panwaslu Kab. Tuban dan KPU Kab. Tuban. Sebagai dukungan kegiatan positif ini, hadir pula Kepala kantor, Ketua Partai Politik, Kepala Badan, Kepala Dinas, Mahasiswa, pelajar di Kabupaten Tuban.

Ketua DPRD Tuban, Kristiawan, dalam sambutanya menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinya selama ini sudah menjalankan KIP. Dan terus berupaya melakukan perbaikan. Karena dengan menjalankan KIP sebagai bentuk pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan bagian dari sendi-sendi demokrasi.

“saya sebagai wakil rakyat sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dan perlu didukung bersama kegiatan positif ini. Silahkan datang kalau mau minta data, tapi ya foto kopi sendiri. Karena kita tidak ada ada anggaran foto kopi. Kita sudah menerbitkan majalah warta dewan. Dan berharap kedepan dapat menyampaikan informasi lebih lengkap kepada masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, dalam sambutanya juga menyatakan hal yang sama. Selama ini pihaknya sudah menjalankan amanat undang-undang KIP. “terima kasih seputartuban.com sudah membuat kegiatan yang sangat baik ini. Pemkab Tuban sudah menjalankan KIP, kita akan memberikan data kecuali data-data tertentu yang tidak boleh diberikan menurut undang-undang,’ ungkapnya.

Sementara itu, menurut Manager Program, Pambudi Eko Cahyono, menjelaskan kegiatan ini langkah awal dari kegiatan-kegiatan lain mendatang. Karena diperlukan sejumlah langkah untuk mempercepat KIP di Kabupaten Tuban. Diantaranya edukasi masyarakat dan aparatur pemerintahan. “kalau semua sisi diberdayakan, bukan hal keramat lagi KIP dapat dijalankan dengan baik di Kabupaten Tuban. Kita rencanakan akan menggelar workshop dan pelatihan-pelatihan,” katanya.

Batal hadir dalam kegiatan ini yakni Kapolres Tuban, AKBP Awang Joko Rumitro. Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Primadi Saiful Sulun. Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Yuswadi. Ketua Pengadilan Negeri Tuban, Minan Noerrachman.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi beserta anggotanya. Ketua DPC Partai Demokrat Tuban, Muhammad Anwar. Kepala Bappeda Kab. Tuban, Budi Wiyana. Kepala Kemenag Tuban, Leksono. Utusan KPU Tuban, Utusan Polres Tuban, Utusan Kejari Tuban. Utusan Polsek dan Kantor kecamatan. Perusahaan, dan wartawan yang bertugas diwilayah Kabupaten Tuban. (redaksi)

Facebook Comments

About the Author