Published On: Ming, Des 18th, 2016

DD Tingkis, Camat Singgahan dan Kepala Bapemas Silang Pendapat

seputartuban.com, TUBAN –Terkait pencairan Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2016, Camat Singgahan dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan KB Pemkab Tuban, menyampaikan pendapat berbeda. Keduanya berkomentar yang saling berseberangan.

ilustrasi uang

Camat Singgahan, Jamul Fawaid, menegaskan DD tahap kedua Desa Tingkis sudah siap dicairkan. Karena Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) Tingkis sudah terdapat kesepakatan. Sehingga Sekdes telah mau menandatangani berkas-berkas pencairan DD Desa Tingkis.

Dia mengaku, sebelumnya pihaknya telah berkali-kali berupaya melakukan mediasi  agar masalah selisih paham terkait laporan pertanggungjawaban (LPJ) DD  tidak jadi masalah. Karena tahap pertama antara Kades dan Sekdes berbeda pendapat, namun pada akhirnya dapat diselesaikanya.

Camat enggan menyampaikan secara detail pemicu kesalahpahaman tersebut. “Kami sendiri tidak mungkin bisa mengetahui, karena ini terkait laporan keuangan maka hanya pihak pemerintah kabupaten yang boleh tahu,” jelasnya.

Berbeda disampaikan Kepala Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi, sebelumnya. Dia menyampaikan sampai saat ini pengajuan pencairan DD tahap kedua belum diterimanya. “Kami sudah memohon (kepada pihak Desa dan kecamatan) agar pengajuan pencairan DD desa itu untuk segera disampaikan,” katanya.

Dia menegaskan kalaupun saat ini DD Tingkis siap dicairkan, namun jika benar-benar dapat cair, tetap akan masuk Sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) 2016. “Karena sudah tidak mungkin diperuntukan melihat tutup tahun 2016 yang tinggal beberapa hari saja,” tegas Mahmudi.

Dengan belum dicairkannya dana pembangunan desa untuk pertengahan tahun hingga saat ini, maka pembangunan di Desa Tingkis juga terhambat. Mahmudi menjelaskan, nantinya pihak desa tinggal melanjutkan rencana pembangunan yang belum sempat tertangani lewat dana Silpa tersebut. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author