Published On: Ming, Mei 15th, 2016

Data Sementara 737 CJH Tuban Akan Diberangkatkan

TUBAN

seputartuban.com – 737 Calon Jamaah Hati (CJH) asal Kabupaten Tuban akan diberangkatkan ke Makkah tahun ini. Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun 2015 Tuban yakni telah memberangkatkan 633 CJH.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Abdul Ghofar, Jumat (13/5/2016), menjelaskan untuk tahun ini kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk Kabupaten Tuban sebanyak 770 jamaah. Namun tidak semuanya dapat diberangkatkan karena beberapa alasan.

33 CJH dipastikan gagal berangkat karena beberapa sebab. Yakni 10 CJH yang sudah mendapat jatah berangkat telah meninggal dunia. 23 CJH karena sakit dan beberapa sebab lainnya. “Jadi ada 23 jamaah yang dipastikan keberangkatannya untuk tahun ini tertunda,” ujarnya.

Dari 737 CJH, 670 orang diantaranya masih mengurus penerbitan Paspor sedangkan lainya sudah memilikinya. “Kita sudah lakukan pendataan dan pengambilan foto tanda pengenal untuk semua jamaah haji. Untuk berikutnya, mereka akan melakukan pembayaran biaya haji di bank daerah,” jelas Ghofar.

Total 737 CJH tersebut merupakan jumlah sementara, dimungkinkan bertambah atau bahkan berkurang. Hal tersebut tergantung kebijakan penambahan atau pembagian kuota kosong yang merupakan kewenangan pusat. “Kekosongan tersebut dapat diisi oleh pendaftar haji yang berada di daftar tunggu,” lanjutnya.

Ghofar menambahkan, setelah para CJH selesai mengurus paspor, seluruh jamaah haji akan mengikuti latihan manasik haji. Terkait waktu keberangkatan masih menunggu petunjuk dari pusat. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos