Published On: Sel, Agu 16th, 2016

Danramil Plumpang Dorong Jarwo Super Lebih Maksimal

PLUMPANG

seputartuban.com – Wilayah Kecamatan Plumpang merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Tuban. Untuk menjaga dan meningkatkan hasil panen, perlu dilakukan sejumlah dorongan atau motivasi kepada petani. Serta penggunaan teknologi pertanian agar hasil panen meningkat.

MOTIVASI PEYANI : Kapten Inf. Istoha saat bersama petani

MOTIVASI PEYANI : Kapten Inf. Istoha saat bersama petani

Danramil Plumpang, Kapten Inf. Istoha bersama Kepala UPTB BPPKP Kecamatan Plumpang, Sumarno dan tim penyuluh BP2KP Kabupaten Tuban, Senin (15/8/2016) mengunjungi petani yang menjadi demplot tanaman padi. Petani dari Kelompok Tani Tlatah Subur, Desa Plandirejo tersebut menerapkan pengembangan teknologi Jajar Legowo Super (Jarwo Super). Dengan luas lahan 4 Ha dan sudah memakai 2 unit mesin transplenter (mesin tanam) yang 1 diantaranya inventaris Koramil Plumpang.

“Kita harus turun langsung ke lapangan agar dapat melihat langsung apa saja yang dibutuhkan kelompok tani, dan apa kendalanya. Sehingga kita memberikan solusi yang tepat guna menunjang produksifitas pertanian”, tegas Kapten Inf Istoha.

Dengan sistem Jarwo Super, diharapkan akan mengurangi biaya dan akan meningkatkan produksifitas hasil panen. Sistem Jarwo Super ini mungkin masih asing bagi sebagian petani. Namunteknologiini merupakan pengembangan pertanian.

Sehingga sangat diperlukan langkah nyata dorongan kepada petani agar memakai sistem Jarwo Super. Sehingga diharapkan mampu membawa perubahan petani lebih sejahtera. Karena biaya produksi pertanian menurun dan hasil panen meningkat dari sebelumnya.

Teknologi Jarwo Super merupakan teknologi budidaya padi terpadu dari Balitbangtan yang berbasis cara tanam jajar legowo. Komponen teknologi di dalamnya meliputi Varietas Unggul Baru (VUB) potensi hasil tinggi, dekomposer jerami, pupuk hayati, pemupukan berimbang berdasarkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan pestisida nabati dan kimia berdasarkan ambang kendali, serta alsintan (transplanter dan combine harvester).

Melalui teknologi Jarwo Super (JLS), produktivitas padi dapat ditingkatkan lebih dari 20%. Implementasi pengembangan model ini dilakukan dalam bentuk demarea dengan tujuan selain untuk memverifikasi keunggulan inovasi yang diterapkan, juga sebagai wahana diseminasi kepada pengguna khususnya petani. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author