Published On: Ming, Feb 14th, 2016

Dandim 0811 Tuban Buka Penghijauan Pendekar SH Terate

MONTONG

SIMBOLIS : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo saat menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan siswa SH Terate

SIMBOLIS : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo saat menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan siswa SH Terate

seputartuban.com – 400 pendekar warga Persaudaraan Setia Hati Terate, Minggu (14/2/2016) melaksanakan penanaman 4.000 pohon di kawasan hutan lindung Kerawak, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Kawasan hutan Perhutani petak 9 A, RPH Mulyoagung, BKPH Mulyoagung, KPH Parengan.

Kawasan serapan sumber air kerawak itu sangat penting dihijaukan untuk menjaga debit sumber air kerawak tetap terjaga. Karena mata air kerawak saat ini dimanfaatkan warga Desa Guwoterus, Kecamatan Montong,  warga Kecamatan Singgahan dan warga Desa Sidonganti, Kecamatan Kerek sebagai sumber penghidupan.

Pentingnya fungsi ekosistem alam maupun mejaga sumber air dengan menanam pohon disadari pada pendekar SH Terate dari Ranting Singgahan, Rayon Guwoterus dan Rayon Sidonganti.  Sebelum terlambat, dilakukan penghijauan dikawasan hutan lindung. “Ini mengaplikasikan ajaran SH Terate untuk Memayu Hayuning Bawono. Kalau bertindak sudah dalam kondisi rusak itu dampak buruknya banyak,” ungkap Ketua SH Terate Cabang Tuban, Lamidi.

TAULADAN : Dandim 0811 Tuban dan Adm Perhutani KPH Parengan saat menanam pohon

TAULADAN : Dandim 0811 Tuban dan Adm Perhutani KPH Parengan saat menanam pohon

Kegiatan ini bukan ceremonial saja, karena para anggota SH Terate murapakan masyarakat setempat. Sehingga kesadaran ini benar-benar muncul dari masyarakat yang tergabung dalam organisasi. Kemudian difasilitasi jajaran Perhutani KPH Parengan untuk melaksanakan kegiatan.  “Penghijauan tidak hanya kami laksanakan di Kerawak saja tapi sebenarnya sudah menjadi ajaran kami dan sudah kami laksanakan sejak dulu dalam bentuk yang beragam,” jelasnya.

Administratur Perhutani KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian para pendekar untuk melestarikan hutan. “Ini sangat bagus inisiatif dari masyarakat, kita akan selalu mendukung penuh program kelestarian hutan,” ungkapnya.

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo mengatakan menjelaskan bahwa inisiatif sebelum terjadi kerusakan merupakah hal yang sangat baik. “Berarti sudah sadar terlebih dahulu sebelum terjadi kerusakan, ini sangat bagus dan harus didorong untuk hal kebaikan. Hutan tidak hanya untuk menjaga sumber air, namun juga oksigen maupun mengurangi dampak buruk lainya akibat rusaknya lingkungan. Semoga langkah baik ini diikuti lainya,” tegasnya.

Diketahui, penanaman pohon itu juga dihadiri jajaran Perhutani KPH Parengan, Waka Adm, Asper BKPH Mulyoagung dan Kepala RPH Perhutani hingga mandor. Muspika Kecamatan Montong, Danramil dan Kapolsek Singgahan. Serta siswa SMK Kehutanan di Singgahan. Penghijauan dengan menanam 2.000 pohon kepoh, 1.700 pohon trembesi, 300 pohon jambu klampok. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author