Published On: Sel, Mei 6th, 2014

Dana Sertifikasi Gurga Non PNS Masih Nyantol

TUBAN

TAK JELAS: Dana tunjangan sertifikasi bagi guru agama non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban makin kabur.

TAK JELAS: Dana tunjangan sertifikasi bagi guru agama non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban makin kabur.

Seputartuban.com-Dana tunjangan sertifikasi bagi guru agama (gurga) non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban hingga tri wulan pertama tahun 2014 ini masih nyantol. Nasib para penerima tunjangan ini diprediksi bakal kian tidak jelas, mengingat dana serupa untuk tahun 2013 lalu juga cair sama sekali.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Tuban, M Muhlisin Mufa, berdalih belum cairnya tunjangan sertifikasi itu disebabkan karena dana dari pemerintah pusat hingga sekarang masih belum ditransfer. Kondisi ini membuat pihak Kemenag Tuban tidak bisa berbuat apa-apa.

“Memang anggaran dari pusat hingga saat ini masih belum cair. Informasi yang kami dapat kemungkinan Juli nanti akan cair. Itupun bila tidak ada permasalahan,” terang Muhlisin.

Selain itu, kata dia, kendala lain yang makin bikin ruwet ternyata dari pusat cairnya tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berubah-ubah.

“Contohnya seperti anggaran 2013 belum semuanya cair. itupun  hanya cukup untuk bayar tujuh bulan saja. Sisanya hingga saat ini masih belum cair. Padahal saat ini sudah menginjak tahun anggaran 2014,” keluh Muhlisin

Dijelaskan, untuk realisasinya juga mengalami perubahan. Bila dulu anggaran untuk tahun ini bisa dibayarkan tahun sebelumnya. Namun saat ini tidak diperbolehkan. Untuk anggaran 2014 harus dipakai untuk pembayaran bulan 2014 saja. Tidak diperbolehkan untuk pelunasan tahun sebelumnya.

“Sementara untuk kekurangan 2013 yang bulan  bulan itu kita masih belum tahu kapan cairnya. Namun bila cair akan langsung kita berikan kepada yang bersangkutan,” jelas Muhlisin.

‎Sekedar tahu, untuk guru RA dan madrasah non PNS di bawah naungan Kemenag yang lulus sertifikasi sebanyak, 1.449 guru. Rinciannya tahun 2006 sampai 2011 yang lulus sertifikasi sebnyak 787 guru. Tahun 2012 sebanyak 275 guru dan pada tahun berikutnya ada sebanyak 387 guru. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author