Published On: Jum, Mar 1st, 2013

Dana PNPM MPd Tuban 2013 Sebesar Rp. 45 Milyar

Share This
Tags

Penulis : Muhlishin

TUBAN

Fasilitator Teknik PNPM-MPd Kabupaten Tuban, Ari Saputro Wibowo

Fasilitator Teknik PNPM-MPd Kabupaten Tuban    Ari Saputro Wibowo

seputartuban.com – Dana Program Nasional  Pemberdayaan Mayarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) tahun 2013 Kabupaten Tuban meningkat. Dari sebelumnya pada 2012 sebesar Rp. 28.900.000.000, pada 2013 ini meningkat menjadi  Rp. 45.072.500.000.

Fasilitator Teknik Kabupaten Tuban Ari Saputro Wibowo,  usai Sosialisasi PNPM MPd di Gedung KSPKP Tuban, Kamis (28/02/2013). Menjelaskan bahwa dalam penentuan besaran dana tiap kecamatan melihat dari tingkat kemiskinan warganya. “Data yang kita buat acuan dari data PPLS 2011. Jadi tiap kecamatan tidak sama,” jelasnya.

DATA PNPM 2013 TUBANDisoal peran Pemkab Tuban dinilai sudah baik, namun hingga saat ini belum ada perencanaan yang melibatkan partisipasi masyarakat. “Dukungan Pemkab sudah sangat baik,hanya saja yang belum ada penyusunan Raperda tentang Sistem Perencanaan Pembangunan partisipatif,” ungkap Ari.

Karena diperkirakan PNPM MPd dari Pemerintah berakhir pada 2014. Maka para pihak diharapkan menyiapkan diri, agar dana yang suda bergulir di masyarakat tetap dapat dijalankan dan dikembangkan. Karena jika hal ini tidak dilakukan, besar kemungkinan dana yang sudah diberikan pemerintah akan hilang atau habis dengan sia-sia.

Hadir dalam sosialisasi ini, Bupati Tuban, Wakil Bupati, Ketua DPRD Tuban, Pelaku PNPM tingkat Kecamatan, dan Kepala Desa se-Kabupten Tuban.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author