Published On: Kam, Apr 16th, 2015

Dana Pembinaan Tidak Terserap, PKL Terus Diburu

TUBAN

Ditindak Tegas : Aparat Sat Pol PP Pemkab Tuban saat mengamankan gerobak PKL penjual es

Ditindak Tegas : Aparat Sat Pol PP Pemkab Tuban saat mengamankan gerobak PKL penjual es

seputartuban.com – Aparat Sat Pol PP Pemkab Tuban terus melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Tuban kota. Seperti pada Rabu (15/04/2015) pedagang di kawasan jalan Sunan Kalijaga ditertibkan.

Tiga PKL saat melihat petugas daang langsung kabur dan dikejar petugas. Mereka lari hingga masuk kawasan Gang Latsari RT 04 RW 01 dan diamankan saat berusaha sembunyi di depan rumah warga. Tiga gerobak diangkut petugas Satpol PP.

“Kita sebenarnya sudah sering diingatkan, tetapi karena tidak ada solusi dari Pemkab kita tetap berjualan disitu, kita sudah 4 tahun berjualan disitu” ujar Penjual Doger yang diamankan, Tomo.

Dia mengeluhkan larangan PKL berjualan pagi hari. Sedangkan saat sore hari kawasan ini dibebaskan untuk digunakan jualan. Sementara dia akan ikut berjualan sore hingga malam hari sudah tidak diperbolehkan. “Kalau aturannya dilarang ya jangan ada tebang pilih,” sambungnya.

Kepala Satpol PP Tuban, Heri Muharwanto menjelaskan razia ini dilakukan karena peringatan tidak digubris para PKL. “Mereka akan kita lakukan pembinaan, tetapi kita masih terkendala belum adanya tempat untuk menampung mereka,” kata Heri.

Ditambahkan diperbolehkanya PKL berjualan malam hari karena kawasan ini sepi atau tidak jalur utama dan faktor kemanusiaan. “Kalau kita larang 24 jam, maka masyarakat juga akan kesulitan mencari makanan pada waktu malam hari,” jelasnya.

Terpisah, Kabid Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban, Imron Ahmadi saat ditanya terkait anggaran pembinaan atau penataan PKL Rp. 100 juta tahun 2014 yang tidak digunakan, dia memiliki alasan teknis.

Awalnya direncanakan, PKL akan ditampung kawasan rest area. Namun karena alasan kebersihan, rencana itu dibatalkan. “Ada beberapa pertimbangan, sebab sebelah selatan Rest Area yang akan kita pakai itu karena kondisinya kumuh dan ada pertimbangan lain dari pimpinan,” jelas Imron.

Saat ini akan dilakukan pemetaan lahan yang berpotensi digunakan pusat PKL. Rapat koordinasi akan dilakukan lintas dinas agar penanganan PKL ini mendapatkan solusi terbaik. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author