Published On: Sel, Des 4th, 2012

Dana KKPE Terbanyak, Rp. 6 Milyar di Kecamatan Montong

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Sebanyak 14 Kecamatan yang mendapatkan dana talangan dari Pemerintah Pusat untuk Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE). Dan dana yang sudah direalisasi terbanyak di Kecamatan Montong. Dana talangan berupa pinjaman lunak ini terserap di Desa Talun, Kecamatan Montong mencapai Rp. 6 Milyar.

Di Desa Talun, sebanyak 3 kelompok yang mendapatkan pinjaman lunak sebesar Rp. 6 milyar ini. Terdiri dari kelompok ternak sapi potong Sumber Barokah Rp. 500 juta dengan jumlah sapi 60 ekor. Sedangkan kelompok bidan sapi perah yakni Ternak Sapi Jaya sebesar Rp. 5 Milyar dengan jumlah sapi perah 205 ekor. Dan kelompok Mitra Mandiri sebesar Rp. 500 juta dengan jumlah sapi 30 ekor.

Dari data Daftar Kredit Usaha Peternakan di Kabupaten Tuban di tahun 2012, di Kecamatan Semanding dana KKPE yang tersalurkan sebesar Rp. 800 juta. Kecamatan Kerek sebesar Rp. 500 juta, Kecamatan Palang sebesar Rp. 630 juta, Kecamatan Tambakboyo sebesar Rp. 100 juta.

Untuk Kecamatan Merakurak sebesar Rp. 55 juta, Kecamatan Jenu sebesar Rp. 300 juta, Kecamatan Tuban sebesar Rp. 980 juta. Sedangkan Kecamatan Kenduruan sebesar Rp. 100 juta. Untuk eilayah Kecamatan Plumpang sebesar Rp. 100 juta, Kecamatan Bancar sebesar Rp. 400 juta.

Kecamatan Bangilan sebesar Rp. 80 juta, dan Kecamatan Grabagan sebesar Rp. 50 juta. Sehingga total realisasi KKPE Se-Kabupaten Tuban hingga Oktober 2012 sebesar Rp. 10.195.000.000.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Basoeki, saat dikonfirmasi, Senin (3/12/2012), mengatakan bahwa, pencairan dana KKPE ini memang melalui pengajuan. Sehingga setiap kecamatan bisa mengajukan melaui kelompok atau pribadi.

“Kecamatan Montong sementara paling banyak. Ini masih dihentikan karena bermasalah terkait harga sapi  yang masih mahal dikawatirkan peminjam sulit mengembalikan,” ungkapnya.

Foto : Ilustrasi KKPE / suasana pasar sapi Tuban

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. rakyat jelata berkata:

    Woowwww,,,,jumlah yg banyak juga , tapi sayang bukan orang miskin yg dpt pinjaman tp orang yg sudah mampu