Published On: Jum, Jul 24th, 2015

Dana Desa “Tersandera” Peraturan Bupati

TUBAN

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

seputartuban.com-Meskipun 40 persen dana desa sudah ada direkening bendahara desa sejak Juli ini akan tetapi masih belum bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Gara-garanya masih harus menunggu peraturan bupati (perbup) tentang penggunaan anggaran tersebut.

Namun begitu Kepala Bapemas, Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi, memastikan awal Agustus nanati dana desa sudah dapat difungsikan.

“Untuk Perbupnya saat ini sudah jadi dan ada di bagian hukum Pemkab Tuban. Kelambatan ini karena terkendala adanya perubahan peraturan dari pusat,” kata Mahmudi, Jumat (24/07/2015) siang.

Realita ini, menurut Mahmudi, tidak sesuai juklak awal yang menyebutkan untuk pencairan tahap kedua dana desa itu sesuai dengan jadwal dari pemerintah pusat akan dicairkan bulan Agustus.

Sedangkan untuk persyaratan pencairan tahap kedua, penggunaan anggaran tahap satu harus terserap 90 persen.

Selain itu, sambung dia, pihaknya hanya memiliki waktu lima bulan untuk merealisasikan anggaran yang diperoleh tiap-tiap desa. Selain pencairannya molor hingga saat ini juga belum ada kepastian terkait pendamping.

“Kita akan terus memberikan pembinaan terhadap Pemdes terkait penggunaan anggaran itu, sebab hingga saat ini masih belum ada kejelasan dari pusat,” tutur Mahmudi.

Berkaitan karut marut ini, dia berharap pemerintah desa bisa menggunakan dana desa sesuai dengan peraturan yang ada. Sehingga tidak ada penyelewengan dalam penggunaan anggaran tersebut.

“Kita akan terus melakukan pengawasan dan pembinaan terkait penggunaan dana desa,” tandas Mahmudi.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author