Published On: Rab, Sep 14th, 2016

Dana Desa Tahap Dua Baru Turun Dari Pusat

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Dana Desa tahap kedua baru turun ke rekening daerah per 5 september 2016. Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, dan Keluarga Berencana (Bappemas, Pemdes, dan KB) Kabupaten Tuban, segera menindaklanjuti dengan meneruskan ke masing-masing Desa.

ilustrasi uang

ilustrasi uang

Kepala Bapemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ke tiap-tiap kecamatan agar Pemerintah Desa (Pemdes) segera menyerahkan berkas pengajuan pencairan DD tahap terakhir ini.

Terkait baru turunnya anggaran dari pusat tersebut, apakah tidak memberatkan atau menghambat pembangunan Desa ? dia menegaskan sama sekali tidak menghambat proses pembangunan di desa. Pasalnya, kebijakan pencairan DD saat ini yakni surat pertanggungjawaban (SPJ) didepan baru proses pencairan. “Maka secara otomatis desa sudah belanja bahkan ada yang sudah selesai pembangunannya,” tegasnya.

Lebih lanjut Mahmudi menjelaskan dengan adanya penyerahan SPJ di awal juga akan mempercepat proses Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana dari APBN tersebut. “Desa akan cepat-cepat menyelesaikan LPJ, termasuk budaya saling tunggu juga bisa tercegah,” tutupnya.

Awalnya dijadwalkan dana desa tahap kedua ini cair dari pemerintah pusat pada pertengahan bulan Agustus. Namun pihaknya baru mengajukan pencairan DD kepada Pemerintah Pusat pertengahan agustus. Jumlah dana DD tahap kedua ini sebesar Rp. 79,2 miliar atau 40 persen dari total DD yang diterima Kabupaten Tuban yang sebanyak Rp. 197.768.399.000.

Proses pencairan dana desa pada tahun ini hanya 2 tahap yakni tahap pertama 60 Persen dan tahap kedua 40 persen. Tahapan pencairan dana tersebut dipersingkat dari tahun sebelumnya yakni sampai 3 tahap. Yaitu tahap pertama 40 persen, lalu tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 Persen. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author