Published On: Ming, Nov 8th, 2015

Dana Desa Masih “Nyantol” 20 Persen

Share This
Tags

TUBAN

ilustrasi uang

ilustrasi uang

seputartuban.com – Total Dana Desa dari pemerintah pusat belum 100 persen ditransfer ke rekening Kas daerah. Hal ini berdampak pada terhambatnya pelaksanaan pembangunan di pemerintah desa.

Sesuai rencana awal, dana desa terserap oleh pemerintah desa dengan batas akhir pelaksanaan proyek fisik pada akhir November. Namun hingga memasuki pekan kedua bulan ini, dana desa belum diterima Pemkab Tuban sebesar 20 persen.

Kepala Bappemas, Pemdes dan KB Tuban, Mahmudi mengatakan informasi yang diterimanya kekurangan 20 persen tersebut akan ditransfer kerekening daerah pada bulan Oktober lalu. Namun belum ditransfer hingga sekarang.

“Yang sudah terima oleh Pemdes sebesar 80 persen, sedangkan sisanya masih menunggu dari pusat,” jelas Mahmudi, Jumat (06/11/2015).

Dana yang telah dicairkan ke pemerintah desa saat ini sudah direalisasikan. Tim kabupaten tengah melakukan evaluasi atau pemeriksaan hasil fisik. Jika ditemukan penyimpangan akan disarankan untuk dilakukan perbaikan.

“Kita akan melakukan evaluasi lagi terhadap perkembangan ditingkat desa. Bila ada yang tidak sesuai dengan aturan maka harus diperbaiki,”  sambungnya.

Mantan pendamping program PNPM saat ini difungsikan sebagai pendamping dana desa karena belum ada tenaga pendamping yang direkrut pemerintah pusat. Kontrak mereka habis pada Oktober lalu, namun sudah diperpanjang.

Mereka mendampingi pemerintah desa dalam hal administrasi umum maupun pelaksanaan proyek fisik. “Untuk sementara pendampingnya dari eks PNPM, sambil menunggu pendamping dari pusat. Pendamping itu adanya ditingkat kecamatan yang terdiri dari 2 orang,”  ujar Mahmudi. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author