Published On: Sel, Sep 1st, 2015

Dana Desa Dipastikan Tanpa Pendamping

TUBAN

illustrasi: seputartuban.com

illustrasi: seputartuban.com

seputartuban.com-Silang sengkarut dana revolusi desa terus berlanjut. Sebelumnya, Pemkab Tuban berjanji akan mulai mencairkan dana tersebut Juli 2015 lalu. Tapi tenyata hingga saat ini masih belum semua desa bisa mencairkan dana tersebut.

Kini, situasi kian semrawut karena hampir bisa dipastikan pegelolaan dana desa itu tanpa pendamping seperti yang direncanakan sebelumnya.

Kepala Bappemas, Pemdes dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi, mengatakan hingga saat ini masih belum ada pemberitahuan pasti terkait pendamping dana desa.

“Untuk mengantisipasi agar program itu dapat berjalan Pemkab Tuban akan memanfaatkan tenaga yang dimiliki sebagai pendamping,” tutur Mahmudi, Selasa (01/09/2015) siang.

Sedangkan untuk pencairan dana itu, menurut dia, saat ini sudah mulai dilaksanakan mengingat waktu pelaksanaan program tersebut tinggal tiga bulan. Konsekuensinya desa-desa harus segera melaksanakan program tersebut.

Mahmudi menanandaskan, meski waktu yang tersisa tinggal tiga bulan namun pelaksanaannya harus tetap sesuai dengan perencanaan. Dia berharap, pada akhir tahun anggaran 2015 ini semuanya sudah terserap.

Anggota Komisi A DPRD Tuban, Abu Cholifah, mendesak supaya program tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan pemerintah pusat.

“Harus ada komunikasi dan koordinasi yang baik antara pemkab dengan pemdes. Pemerintah desa harus lebih komunikatif sehingga bisa langsung dilakukan evaluasi bila ada kesalahan,” ujar dia.

Untuk itu, imbuh Abu, komisi A berencana akan melakukan kunjungan lapangan guna mengecek kesiapan desa terhadap pelaksanaan dana revolusi tersebut.

Sebelumnya Komisi A telah melakukan sosialisasi terhadap desa terkait pelaksanaan program itu.

“Pemdes harus melaksanakan program itu sesuai dengan aturan main yang ada, sehingga tidak menimbulkan masalah,” tegasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author