Published On: Rab, Jul 8th, 2015

Dana Desa Cair 40 Persen

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :

TUBAN

illustrasi _____dana desaseputartuban.com – Setelah ditunggu hingga setengah tahun lebih, akhirnya dana desa dicairkan ke rekening bendahar desa sebesar 40 persen.

Sesuai dengan aturan pencairan dana dilakukan dalam 3 tahap, tahap pertama dicairkan sebesar 40 persen kedua sebesar 40 persen pada Agustus dan terakhir 20 persen pada Nopember.

“Uangnya sudah ada direkening masing-masing desa, saat ini desa sedang menyusun perencanaan penggunaan anggaran itu, sebab dana itu untuk pemberdayaan,” jelas Sekretaris Daerah Tuban Kab. Tuban, Budi Wiyana, Selasa, (07/07/2015).

Diharapkan, dana tersebut segera direalisasikan, sebab sebagai persyaratan pencairan tahap kedua, Pemerintah Desa (Pemdes) harus sudah melaporkan penggunaan anggaran tahap pertama hingga 90 persen.

Belum adanya petugas pendamping desa dari pemerintah pusat, Pemkab Tuban mengoptimalkan peran pembinaan staf kecamatan. “Untuk pendaping masih belum ada, kabarnya untuk setiap 5 desa akan ada 1 pendamping,” sambungnya.

Selain dana desa, saat ini Pemdes juga menerima kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah dicairkan 50 persen. Dana yang sudah dicairkan itu untuk operasional desa, seperti tunjangan BPD, lembaga desa, RT dan RW.

Sekda berharap, agar pelaksanaan dana desa maupun ADD sesuai dengan perencanaan yang sudah ada ditiap-tiap desa atau APBDes. “Kita akan melakukan pengawasan dan evaluasi, sehingga tidak terjadi kesalahan ditingkat desa,” janjinya. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Wong Edan berkata:

    NENG DESO BINANGUN KEC SINGGAHAN. RT RW RA TAU OLEH KUCURAN DANA BABAR-BLAS MOHON DI TINDAK LANJUTI

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :