Published On: Ming, Feb 14th, 2016

Dana Banjir Tuban Disediakan Rp. 8 Miliar

TUBAN

BELUM MENGUNGSI : Banjir luapan sungai kali Kening membuat warga tetap bertahan dirumahnya masing-masing meski air mengepung desa mereka

BELUM MENGUNGSI : Banjir luapan sungai kali Kening membuat warga tetap bertahan dirumahnya masing-masing meski air mengepung desa mereka

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban menyediakan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk penanganan bencana. Selain itu juga disediakan anggaran melalui APBD 2016 sebesar Rp 150 juga yang diperuntukkan untuk tanggap bencana yang dikelola oleh BPBD Tuban.

Kabag Humas dan Media Setda Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi mengatakan dalam APBD Tuban 2016 telah dianggarkan dana tidak terduga untuk penanganan bencana sebesar Rp. 8.490.705.958,55. “Di BPBD juga ada anggaran tanggap darurat sebesar Rp 150 juta,” kata Teguh, kemarin.

Data dampak akibat banjir sejak Senin (8/2/2016) yang melanda disejumlah wilayah Tuban, mengakibatkan 1.754 hektar sawah dan 82 hektar tegalan terendam. Selain itu juga 1.283 rumah terendam tersebar di 5 kecamatan. Banjir juga merusak 2 jembatan yang ada di Kecamatan Rengel. “Sudah bantu warga masyarakat yang rumahnya tergenang dengan memberikan sembako,” ujar Teguh.

Sementara itu, untuk tanaman yang rusak akibat banjir menurut, Mantan Kepala Kesbagpol, akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan penggantian bibit bagi petani yang mengalami puso.

Sekretaris BPBD Tuban, Joko Ludiono mengatakan bahwa hujan dengan intensitas tinggi akan menguyur wilayah Kabupaten Tuban. Sebab saat ini baru masuk puncak musim hujan sehingga masih berpotensi terjadi banjir. “Berdasarkan informasi dari BMKG hujan ini akan terjadi hingga akhir Pebruari, sehingga masyarakat harus berhati-hati dan waspada,” jelas Joko.

Diketahui, akibat hujan lebat yang terjadi di Tuban beberapa hari lalu, mengakibatkan 22 desa di 6 kecamatan terendam banjir. Tersebar di Kecamatan Soko 2 desa, Kecamatan Parengan sebanyak 9 desa, Kecamatan Rengel ada 3 desa, Kecamatan Plumpang ada 1 desa, Kecamatan Widang sebanyak 2 desa serta Kecamatan Merakurak sebanyak 5 desa. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author