Published On: Tue, Apr 17th, 2012

Dalmas Polres Tuban Unjuk Kebolehan Dihadapan Juri Polda Jatim

Share This
Tags

Penulisan : Hanafi

TUBAN

Dalmas Polres Tuban saat unjuk kebolehan

seputartuban.com – Sedikitnya 38 anggota Pengendali Massa (Dalmas) Polres Tuban, unjuk kebolehan dihadapan 3 juri dari Polda Jawa Timur, di halaman Mapolres Tuban, Selasa (17/04/2012) siang.

Anggota Dalmas yang tergabung dalam 1 Pleton terdiri dari 30 anggota dan 1 regu pendukung yang terdiri dari 8 personil ini, beraksi  dalam rangka mengikuti lomba Dalmas yang diselenggarakan oleh Polda Jatim.

Selain itu, tujuan dari unjuk kebolehan anggota dalmas Polres Tuban tersebut adalah juga untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Polri, sehingga Polres Tuban melakukan berbagai macam kegiatan guna menunjang pelaksanaan tugas-tugas kepolisian, salah satu diantaranya adalah peningkatan kemampuan dalam hal pengendalian massa.

Dibawah langsung Komandan Pleton Dalmas Polres Tuban Aipda Suhartono dan bimbingan langsung dari Kapolres Tuban AKBP Awang Joko Rumitro, 1 Pleton Dalmas Polres Tuban melakukan aksi sikap dasar Dalmas awal yang meliputi Sikap Siap, Sikap Pokok, Sikap Siaga, Sikap Pegang Tali Dalmas, Sikap Letakkan Tali Dalmas, dan Sikap Tangan Berkait.

Penilaian dalam lomba Dalmas yang diikuti oleh 38 Polres dan Polresta se-Polda Jatim ini dimulai dari persiapan, kelengkapan, formasi gerakannyanya, kerapian, dan aksinya, dan nanti yang terbaik  dari 38 Polres/ Polresta yang ada di Jawa Timur tersebut akan ditampilkan di Polda Jatim, untuk unjuk kebolehan di depan Kapolda Jawa Timur.

Dalam aksinya 2 anggota Dalmas dari kelompok 8 sedang merentangkan Tali Dalmas untuk menahan gerakan Massa, peragaan Formasi Dalmas Awal tingkat Pleton, Formasi Banjar 3 yang digunakan untuk bertahan serangan Massa.

Formasi Bersab yang digunakan untuk menahan dan mendesak sasaran, Formasi dari berjalan ke berjalan, Formasi banjar 3, dan Formasi Maju ganti Formasi yang digunakan untuk mengganti formasi dalam menahan serangan massa.

Kasubag Humas Polres Tuban AKP Noersento menjelaskan, bahwa acara kegiatan Polres Tuban seperti ini memang diprogramkan untuk meningkatkan kemampuan anggota Dalmas dalam menghalau keganasan massa saat terjadi aksi demo.

“Dari penampilan Dalmas Tuban yang dilakukan ini, salah satu juri mengapresiasikan Formasi yang dilakukan oleh Pleton Dalmas Polres Tuban, sangat bagus dan rapi,” sanjungnya.

About the Author

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. aqua says:

    like it pak polisi… kemarin pas lampu merah, liat sediluk.. hiburan sambil nunggu lampu merah…hehe..

  2. Dalmas Polres Tuban is the Best…
    Jadilah Backbone Polres Tuban yg tangguh & humanis…
    Layani masyarakat dengan hati nuranimu…
    Jadilah Pelindung & Pengayom masyarakat Tuban khususnya, agar Tuban selalu tentram & damai…
    ***POLISI JAYA>>>>>