Published On: Kam, Sep 22nd, 2016

Daerah Sekitar Bengawan Masih Terancam Banjir

TUBAN

seputartuban.com – Kawasan bantaran sungai bengawan solo masih rawan kebanjiran. Hal itu disebabkan hingga saat ini tanggul sungai yang sudah diprogramkan membentang dari wilayah Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang dan Kecamatan Widang masih belum diperbaiki.

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich

Kepala Dinas PU Pemkab Tuban, Choliq Qunnasich

Rencananya sepanjang 25 kilometer tanggul yang melintas di 4 kecamatan itu dilakukan peninggian. Sehingga air sungai tidak mudah meluap ke area persawahan maupun pemukiman warga. Sehingga masyarakat tidak menjadi langganan korban banjir yang menyebabkan kerugian tidak sedikit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan hingga saat ini baru sepanjang 2 kilometer tanggul sungai yang dibangun dari 25 kilometer yang ditargetkan. Sedangkan untuk pendanaan pembangunan tanggul itu menjadi tanggungjawab pemerintah pusat. “Baru 2 kilometer yang dibangun karena yang lainnya masih dalam proses pembebasan lahan,” kata Choliq, Rabu (21/9/2016).

Selain terbentur anggaran juga proses pembebasan lahan yang hingga saat ini masih belum selesai. Sehingga untuk melaksanakan pembangunan tersebut harus menyelesaikan pembebasan lahan terlebih dahulu. “Kita berharap pembebasan lahan itu cepat selesai dan pembangunannya bisa segera dilaksanakan,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Tuban, Rohmad mengatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Pusat masih terkendala pembebasan lahan, bahkan ada lahan yang disengketakan ahli waris dan saat ini sedang proses gugatan di Pengadilan. Diharapkan permasalahan itu dapat segera diselesaikan oleh pemerintah pusat yang mempunyai otoritas daerah bantaran sungai bengawan solo tersebut. “Pemerintah harus segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan yang akan dibangun itu,” harapnya.

Politisi PKS itu juga meminta adanya koordinasi aktif dari Pemkab Tuban dengan pemerintah pusat. Sehingga permasalahan yang ada dapat diselesaikan secepatnya. Warga sekitar tanggul tidak selalu dihantui rasa kekhawatiran menjadi korban banjir sewaktu musim hujan. “Kalau dibiarkan berlarut-larut warga kita akan selalu mengalami kebanjiran tiap kali musim hujan,” tegasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author