Published On: Jum, Nov 11th, 2016

Cuaca Tidak Menentu, Harga Cabai Melangit

Share This

TUBAN

seputartuban.com – Harga cabai di pasar terus naik, bahkan saat ini harga cabai merah di pasar tradisional hingga tembus Rp. 55.000 per Kilogramnya. Tingginya harga cabai diduga akibat pasokannya yang tersendat atau langka karena hasil panen yang minim akibat faktor kondisi cuaca yang tidak stabil.

TERUS NAIK : Harga cabai yang naik disebabkan pasokan tersendat karena hasil panen menurun akibat cuaca tidak menentu

TERUS NAIK : Harga cabai yang naik disebabkan pasokan tersendat karena hasil panen menurun akibat cuaca tidak menentu

Salah satu pedagang pasar Baru Tuban, Suryati (56), menyampaikan untuk harga cabai merah saat ini Rp 55.000 per Kilogram atau mengalami kenaikan hampir Rp 12.000 per Kilogram dari minggu sebelumnya. Untuk cabai keriting saat ini Rp 52.000 per kilogram yang beberapa hari sebelumnya masih Rp 45.000 per kilogram. Cabai Rawit Rp 35.500 dan cabai biasa Rp 42.500 per kilogram dari minggu sebelumnya Rp 30.000 per kilogram.

Harga Bawang merah saat ini juga ikut melonjak yakni saat ini mencapai Rp. 40.500 per Kilogramnya. Sedangkan untuk harga Bawang putih masih terbilang stabil yakni Rp. 30.000 per Kilogram. “Sebagai bahan pokok, tingginya harga cabai dan bawang merah sangat dikeluhkan pembeli,” ungkapnya.

Kabid Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) kabupaten Tuban, Bhismo Setyo Adji, mengatakan tingginya harga cabai diduga akibat pasokannya yang tersendat. Kelangkaan bahan pokok dapur tersebut karena hasil panen yang minim akibat faktor kondisi cuaca yang tidak stabil.

Hingga kini pemerintah dalam skala provinsi belum bisa impor dikarenakan cabai termasuk bahan makanan yang mudah busuk. Sehingga pemerintah hanya bisa menunggu produksi cabai dari petani lokal agar harga bisa stabil kembali.

Ia juga menilai harga cabai di pasar tradisional di kabupaten Tuban terpantau masih di bawah harga cabai di beberapa daerah lain seperti di Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik yang selisihnya sekitar Rp 5.000 per Kilogram. “Kondisi tingginya harga cabai ini tidak hanya terjadi di Tuban, tapi sudah skala nasional,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author