Published On: Sen, Feb 20th, 2012

Cuaca Membaik, Penghasilan Nelayan Mulai Pulih

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Para nelayan di Kabupaten Tuban merasa senang karena hasil tangkapan ikan yang di peroleh mengalami peningkatan bila dibandingkan 2 bulan sebelumnya. Karena kondisi cuaca sudah mulai bersahabat, dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya ombak besar membuat mereka tidak melaut karena rawan perahu terbalik.

Ini di sebabkan karena cuaca dan angin kencang yang melanda di akhir tahun 2011 dan awal tahun 2012 sempat membuat para nelayan di kabupaten tuban tidak bisa melaut.

Menurut Eko Wahyudi (30), salah satu nelayan warga Kelurahan Kingking, Kecamatan Kota, Tuban  mengatakan bahwa pendapatnya sudah kembali pulih meski belum sebanyak yang diharapkan,”hari ini hasil tangkapan saya lumayan banyak,sekitar 1,5 kwintal   ikan  selar, kemaren juga dapat 2 kwintal  ikan selar menggunakan rumpon dan jaring,” jelasnya kepada seputartuban.com, Senin (20/02/2012).

Sedangkan harga 1 Kg  ikan jenis selar mencapai 2.500, berarti dalam sehari dirinya dapat penghasilan sekitar Rp. 375.000, itupun harus dibagi untuk 5 orang temannya. Sehingga mereka mendapatkan penghasilan bersih sekitar Rp. 75.000 per-hari.

Terpisah, Kabid Usaha Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan, Ir. Winarti  mengatakan berdasarkan data potensi hasil kelautan Kabupaten Tuban meningkat dibanding tahun sebelumnya. Yakni pada tahun 2011 silam total potensi kelautan

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. didit legowo berkata:

    sekarang hujan sering datang,nelayan banyak yang gagal berangkat,,,….ikan agak mulai mahal.. By anak king2