Published On: Rab, Mar 14th, 2012

Cuaca Buruk Nelayan Meradang

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

Nelayan Tuban saat mengisi waktu luangnya

seputartuban.com – Cuaca yang sering tidak menentu mengakibatkan para nelayan tidak berangkat melaut,karena di khawatirkan merugi alias tidak membawa hasil tangkapan ikan. Karena apabila tetap dipaksanakan berangkat melaut, hasil ikan  yang di dapat  tidak seimbang dengan biaya pengeluaran saat berangkat melaut.

Hasil pantauan seputartuban.com, Rabu (14/03/2012) menyebutkan para nelayan sambil menunggu cuaca baik, mereka sebagian besar mempersiapkan jala, sehingga saat cuaca membaik langsung dapat dugunakan untuk menangkap ikan.

Mohammad Sholikhul H (51), warga Kingking, Kelurahan Sidomulyo, Kec. Kota, Tuban, hampir  1 minggu dia dan rekanya tidak melaut karena cuaca hujan angin yang melanda wilayah pantai utara,“saya sudah seminggu tidak miyang (melaut),soalnya kalu berangkat saya rugi solar,pulang tidak mendapatkan ikan yang cukup,” ungkapnya.

Senada diungkapkan Kholidin (35) warga Desa Jenu, Kec. Jenu, mengaku selama sepekan ini nelayan merugi karna setiap berangkat melaut banyak yang tidak mendapatkaan hasil yang setimpal dengan biaya yang dikeluarkan, “ Cuaca buruk saya tetep berangkat,meskipun cuma dapat ikan sedikit, kalau nngak berangkat keluarga saya makan apa mas”, keluhnya.

Kondisi ini membuat ikan laut dipasaran mulai berkurang jumlahnya, sehingga mempengaruhi harga mulai naik. Ikan jenis tengiri hasil dari  penangkapan para nelayan yang umumnya di jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) seharga Rp.30.000/Kg sekarang menjadi Rp.37.000/Kg.

Meski demikian, hasil laut di Tuban masih tergolong tinggi. Menurut data yang di himpun dari Dinas Perikanan dan Kelautan menyebutkan bahwa untuk tahun 2011 nelayan di  Kecamatan Palang memproduksi ikan laut paling besar, sekitar 5.025.101 Kg/Tahun

Jumlah ini paling besar di banding 4 Kecamatan yang ada di pantai utara yaitu Kecamatan Bancar 2.985.319 Kg/Tahun, Kecamatan Tambakboyo 961.400 Kg/Tahun, Kecamatan Jenu 256.434 Kg/Tahun, Kecamatan Tuban 249.957 Kg/tahun.

“memang untuk tahun 2011 Kecamatan palang komoditi ikannya paling tinggi di bandingkan Kecamatan lainnya di wilayah sekitar pantau utara”, tutur Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban, Ir.Sunarto.

Facebook Comments

About the Author

Displaying 5 Comments
Have Your Say
  1. baja sosial berkata:

    tetangga q dah gak brangkat melaut,gara2 hujan dan angin,,kasian, kasih bantuan dong…

  2. bung99 berkata:

    kasian nasib teman teman ku,,,,,sabar saudara,,,lain kali insalllah dpt rejeki buanyaaak,amiiiiiiiiiiiiiin..

  3. andini berkata:

    wah iki nasib nelayan gimana kie??????gak makan ikan dong Aiqiu

  4. kasih semangat buat nelayan,brooooooooooooooooooooooooooo……
    bY:NakPaLAngg.

  5. joko berkata:

    harga jangan ikut naik pak nelayan,udah BBM naik mASaka Harga ikAn ikUtan naikK????kasian KAMi…