Published On: Sel, Jun 19th, 2012

Cuaca Buruk Kapal Ikan Asal Kalimantan Tertahan di Palang

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

PALANG

seputartuban.com – Akibat cuaca buruk yang melanda perairan Laut Jawa di Kabupaten Tuban, Jatim sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan pasokan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Karang Agung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menurun. Menurunya pasokan ikan karena para nelayan tidak melaut. Selain itu tiga kapal ikan dari Kalimantan juga tertahan di sebuah dermaga TPI akibat ombak tinggi di tengah laut.

Suasana sepi terlihat di TPI di Desa Karang Agung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jatim. Biasanya, lalu lalang pedagang ikan dan nelayan selalu ramai terlihat di TPI di Pantai Utara Tuban wilayah timur ini.

Akibat cuaca buruk dan ombak tinggi di perairan Laut Jawa Tuban dalam beberapa hari terakhir, membuat pasokan ikan di TPI ini menurun hampir seratus persen. Jika cuaca normal dan para nelayan menangkap ikan di laut, maka pasokan ikan di TPI ini sedikitnya mencapai lima puluh ton per tujuh hari.

Namun sejak cuaca buruk melanda Laut Jawa dan nelayan tidak melaut, bahkan pasokan ikan selama tujuh hari tidak sampai satu ton. Selain mengakibatkan pasokan ikan menurun, akibat ombak besar di tengah laut, sedikitnya tiga kapal pengangkut ikan dari Kalimantan, tertahan di dermaga pelabuhan TPI Karang Agung.

Kapal ikan tersebut masing-masing KMN Risqullah 09, KMN Risqullah 03 dan KM Walet, sudah tiga hari sejak cuaca buruk ini, tertahan dan dilarang melanjutkan perjalanan oleh petugas Syah Bandar setempat, karena ombak di tengah laut masih tinggi.

“ini akibat cuaca buruk mas, kapal dari Kalimantan itu tidak bisa kembali karena ombak masih tinggi di tengah laut mas,” ujar Sumardi, petugas di TPI Karang Agung saat dikonfirmasi seputartuban.com.

Selama menunggu cuaca kembali normal, para kru kapal mengisi waktu dengan memperbaiki peralatan melautnya dan membersihkan tempat pendingin ikan. Cuaca buruk di perairan Laut Jawa Tuban, diperkirakan masih akan terjadi hingga lima hari ke depan.

Foto : Awak kapal sedang melakukan aktivitas jaul beli ikan tangkapanya

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos