Published On: Sen, Jun 18th, 2012

Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik Tajam

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Harga ikan di Kabupaten Tuban naik hingga. 100%. Melonjaknya harga ini dipengaruhi oleh cuaca buruk yang mengakibatkan nelayan tidak berani melaut. Sehingga membuat stok ikan tangkapan nelayan menjadi berkurang, sementara permintaan konsumen tetap.

Para nelayan banyak yang mengeluhkan adanya ombak besar yang datangnya tidak dapat diperkirakan. Sehingga mereka mengurungkan melaut dan hanya memilih mencari ikan dikawasan pantai saja. Hal ini dilakukan karena dikawasan tersebut dinilai aman dari terjangan ganasnya ombak laut.

Sumiati (42), salah satu penjual ikan di Kelurahan Karangsari, Kec. Kota Tuban kepada seputartuban.com, minggu (17/06/2012) menuturkan harga ikan naik drastis. Seperti halnya ikan kakap merah semula harga 1 Kg harga Rp.30.000 saat ini naik menjadi Rp.60.000.

juga halnya seperti ikan cumi- cumi yang semula harga tiap 1 Rp.60.000 sekarang menjadi Rp.115.000. Ikan tengiri, ikan Tongkol, ikan Layur dan lainnya juga mengalami kenaikan hampir kurang lebih 100%. “Saya beli dari nelayan ya sudah mahal kok mas, masak harus dijual murah, nanti rugi saya,” ujarnya.

Terpisah, Sri Lestari (36), salah pembeli ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Palang, mengatakan banyak pedagang merasa kaget dengan mahalnya harga ikan ini. Saat membeli ikan tongkol segar 1 Kg seharga Rp.25.000. “Kemarin masih Rp. 15.000, sekarang kok mahal gini,” tuturnya sambil menawar ikan.

Sementara itu, Menurut Penjaga Pasar Ikan Kelurahan Karangsari, kecamatan Tuban, Suseno membenarkan bahwa naiknya harga ikan ini disebabkan karena pasokan ikan dari nelayan menurun, dan biaya bahan bakar untuk pemberangkatan disamping sulit, juga mahal. “biaya pemberangkatan mahal, hasilnya juga belum tentu, akhirnya ikannya juga dijual mahal,” tegasnya.

Foto : Salah satu penjual ikan

Facebook Comments

About the Author