Published On: Rab, Mei 22nd, 2013

Crane Patah, 2 Pekerja Proyek Holcim Jadi Korban

Share This
Tags

TUBAN

Crane patah

PATAH : Ini kondisi insiden patahnya crane di proyek pembangunan PT Holcim Indonesia

seputartuban.com – Dua pekerja PT. Damdekorant, Sub Kontraktor PT Holcim Indonesia di Tuban, Jatim, mengalami luka ringan. Akibat terkena serpihan besi saat Crane milik PT. Bangun Sarana Baja (BSJ) itu patah pada swing cranenya, Selasa (21/05/2013) sekitar pukul 16.30 WIB. Di kawasan pembangunan pabrik Holcim di kawasan Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Kejadian bermula saat para pekerja sedang beraktifitas mengerjakan pembangunan proyek konstruksi PT. Holcim Indonesia Tuban 2. Kemudian, operator Crane milik PT BSB itu mendengar suara retakan pada crane yang dioperatori tersebut. Selanjutnya, operator crane langsung menghidupkan crane, dengan maksud apabila terjadi sesuatu, besi crane tidak menjatuhi pekerja di bawahnya.

Tidak berselang lama, setelah crane diarahkan ke sisi lokasi yang aman, besi crane patah hingga patahannya ambruk di lokasi yang aman. Namun, saat besi crane terjatuh, serpihanya ternyata mengenai 2 pekerja yang berada di sekitar lokasi. Dari kejadian tersebut, 2 pekerja mengalami luka ringan dan langsung menjalani perawatan medis dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Medika Mulia Tuban, untuk menjalani penanganan medis.

Salah satu pekerja yang tidak mau dimediakan namanya, saat dikonfirmasi mengatakan dirinya mengetahui langsung kejadian itu. Diduga usia crane yang sudah tidak layak pakai menjadi penyebab patahnya besi crane. Alasannya, besi crane sudah banyak yang karatan. “Sebelumnya operator sudah mendengar retakan dan suara. Kemudian dipindahkan ke lokasi yang aman. Crane ukuran maksimal muat 150 ton itu, jatuh mengenai Conveyor,” katanya.

Terpisah, Tuban Projek Communication, PT. Holcim Indonesia, Indriani Siswati saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Adapun untuk penyebab patahnya besi crane, pihaknya belum mengetahu secara pasti. Karena masih dilakukan proses investigasi.

“Crane dalam keadaan tidak aktif pengangkutan. Saat itu ada mobil melintas di sekitar jatuhnya crane, diduga 2 korban panik dan keluar mobil. Terus terkena serpihan besi. Hanya luka ringan,” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author