Published On: Rab, Mei 18th, 2016

Cetak Langsung e-KTP Di Kecamatan Masih Terkendala

TUBAN

seputartuban.com – Rencana cetak langsung e-KTP di Kantor Kecamatan hingga saat ini belum dapat terlaksana di Kabupaten Tuban. Program itu untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat agar lebih cepat.

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Gunadi

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Gunadi

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Gunadi, Selasa (17/5/2016) mengatakan ada banyak kendala untuk merealisasikan program tersebut. Meski sebenarnya sudah direncanakan pihaknya untuk pelaksanaanya.

Sudah mengajukan ke Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Tuban akan melaksanakan cetak langsung e-KTP di kecamatan. Namun anggaran yang dibutuhkan tiap kecamatan cukup besar. “Mungkin karena pusat masih mempertimbangkan anggaran, dimana harga piranti jaringannya sangat mahal,” katanya.

Gunadi menegaskan meski belum dapat melaksanakan program itu pelayanan pembuatan e-KTP masih dapat dilaksanakan dengan maksimal. Kalau ada yang lama karena proses antri atau data salah dan data ganda. “Pelayanan perekaman e-KTP di Tuban tetap bisa berjalan maksimal walaupun masih berpusat di kabupaten,” lanjut Gunadi.

Sesuai dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), per April 2016, warga di luar daerah bisa melakukan perekaman di tempat domisili. “Jadi bagi warga yang bekerja atau berdomisili diluar daerah, saat ini bisa melakukan perekaman ditempat domisili,” pungkasnya.

Diketahui jumlah masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 139.560 jiwa atau baru mencapai 87 persen dari jumlah wajib KTP sebanyak 1.072.013 jiwa. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos