Published On: Sab, Des 19th, 2015

Cemara Sowan Tandai Kepedulian TNI

BANCAR

Peduli : TNI dan lintas instansi serta masyarakat saat melakukan penanam cemara di Pantai Sowan

Peduli : TNI dan lintas instansi serta masyarakat saat melakukan penanam cemara di Pantai Sowan

seputartuban.com – Jajaran Kodim 0811 Tuban, Jumat (18/12/2015) melakukan gerakan peduli lingkungan. Dengan menanam 500 cemara di kawasan pantai Sowan bersama lintas instansi dan masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan karena kondisi pantai Tuban wilayah barat semakin parah. Sehingga perlu segera dilakukan penyelamatan pantai. Agar abrasi tidak semakin luas. Salah satu upayanya dengan melakukan penghijauan disepanjang pantai.

Sebelum melakukan penanaman cemara, mereka membersihkan pantai dari sampah. “Kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya penyelamatan bibir pantai dari abrasi,” ungkap Kepala Staf Kodim 0811 Tuban, Mayor Inf. Suko Edy Winarto, usai memimpin penghijauan.

Kegiatan itu melibarkan jajaran Kodim 0811 Tuban, Marinir, Polri, Pramuka, Perhutani KPH Jatirogo. Serta dari organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Bancar. Diharapkan beberapa tahun kedepan kondisi pantai Sowan akan lebih hijau dan indah.

Jika musim hujan, kondisi laut Tuban mengalami ombak tinggi. Hal itu menyebabkan cepatnya abrasi jika tidak dilakukan penghijauan. Sehingga peduli lingkungan hal mendesak yang harus dilakukan.

Penanaman pohon akan dilakukan beberapa kali berikutnya dengan melibarkan lebih banyak pihak. Diantaranya 3 pilar, UPTD Dinas Pertanian dan Kecamatan Bancar serta para guru dan masyarakat.

“Ini rangkaian peringatan Hari Juang Kartika. Tidak hanya akan berhenti di sini namun masih akan kami laksanakan pula pada beberapa wilayah lain,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author