Published On: Sel, Mei 1st, 2018

Catatan May Day SPN Tuban, Pro Buruh Jangan Hanya Diatas Kertas

seputartuban.com, TUBAN – Hari Buruh Internasional, May Day menjadi agenda tahunan kaum buruh menyuarakan hak-haknya. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Pekerja Nasional (SPN) memiliki catatan perburuhan yang perlu diperhatikan dan diwujudkan para pihak terkait.

Ketua DPC SPN Kabupaten Tuban, Kusmen

Ketua DPC SPN Kabupaten Tuban, Kusmen, Selasa 1/5/2018) mengatakan sebenarnya penjaminan kehidupan yang layak para buruh sudah diamanatkan dalam undang-undang. Namun nyatanya hal itu masig belum terwujud sepenuhnya hingga saat ini.

“Bahwa negara telah memberikan amanat kepada pemerintah untuk menyediakan pekerjan dengan penghasilan layak dan sarana penghidupan yang layak. Untuk ukuran kemanusiaan atau dengan kata lain setiap warga negara harus ada dalam batas hidup sejahtera,” katanya.

Bahkan dalam dasar negara jelas disebut agar seluruh warga negara tidak berada dibawah garis kemiskinan. “Oleh karena itu perlindungan hak hidup warga negara yang telah dipersiapkan para leluhur bangsa Indonesia melalui aturan dalam UUD 1945 ini, sangat layak untuk diperjuangakan agar seluruh warga negara Indonesia tidak lagi berada dalam garis kemiskinan dan hudup sejahtera. Khususnya masyarakat buruh di wilayah Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Sehingga untuk mewujudkan amanah para pendiri bangsa agar rakyat sejahtera, DPC SPN Tuban menolak upah murah. Hapus pekerja kontrak dan outsorcing. Tolak PHK terselubung merubah status pekerja tetap atau PKWTT menjadi pekerja kontrak atau PKWT dan agar K3 dilaksanakan dengan benar.

“Tegakkan supremasi hukum di bidang ketenagakerjaan di wilayah Tuban. Meminta kepada Pemerintah Kabupaten memisahkan Bidang ketenagakerjaan dari Dinas PTSP dan Tenagakerjaan serta Memaksimalkan LKS Tripartit untuk memaksimalkan urusan ketenagakerjaan,” tegasnya.

Yang tidak kalah pentingnya adalah optimalisasi pengawasan pelaksanaan perundangan ketenagakerjaan. Tidak hanya menerima laporan saja, namun efektif di lapangan dalam perlindungan hak buruh maupun dalam berbagai hal.

“Perusahaan yang sudah ada di Tuban sangat perlu ditingkatkan, wujud keseriusan Pemkab pro rakyat kecil. Apalagi kita akan ada kilang minyak internasional yang melibatkan ribuan bahkan puluhan ribu buruh tahap pengerjaan awal, hal ini harus ada sikap serius dari Pemkab Tuban, agar buruh tidak selalui di langgar haknya oleh perusahaan,” harapnya. NAL

Facebook Comments

About the Author