Published On: Sen, Okt 31st, 2016

Cara Scooterist Memaknai Sumpah Pemuda Mendarah Dalam Keseharianya

TUBAN

seputartuban.com – Satu vespa sejuta saudara, ungkapan itu tidak asing lagi bagi kalangan scooterist (penghobi) vespa. Sebagai bentuk atau gambaran kekompakan sesama scooteristlokal, regional hingga nasional.

vespa-scrob

SEHATI : Satu vespa sejuta saudara, menjadi ruh kebersamaan lintas batas bagi anggota komunitas vespa

Sebagian masyarakat mungkin ada yang memandang sebelah mata mereka, dianggap dekil, jorok dan kumal. Serta dianggap layaknya geng motor yang bertingkah negatif. Namun nyatanya club vespa di Tuban justru melakukan hal-hal yang sangat potensial.

Komunitas Scoter Ronggolawe Bersatu (Scrob) atau komunitas Pecinta vespa Tuban ini contohnya. Para anggota club yang sudah diakui Kementrian Hukum dan HAM ini memiliki visi dan misi yang baik. Mulai upaya tertib lalu lintas dan program kegiatan sosial.

“Ya seperti itu, kami ingin masyarakat melihat kami bukan dari sisi negatifnya saja. Misalnya dari penampilan dekil, kotor, kumal, dianggap suka mabuk, bahkan mungkin sering banget kami dianggap sebagai pemakai Narkoba karena penampilan kami. Tetapi kami tidak begitu,” terang Wakil Ketua Scrob, Ahmad Darsoyin. Jumat (28/10/2016) siang.

Pria kelahiran Kecamatan Tambakboyo tersebut mengatakan bahwa komunitas vespa itu terbentuk bukan sebagai sarana berpolitik atau sebagai sarana pencitraan lainya. Menurutnya, melalui  komunitas seperti ini ia mengajarkan untuk menghargai kehidupan, diantaranya dengan mencintai lingkungan, dan menjadi sekumpulan orang yang menyadari arti kepedulian sosial terhadap sesama.

Ia berharap, melalui berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan diantaranya donor darah, kunjungan ke berbagai panti asuhan dan santunan anak yatim, melaksanakan bakti sosial ke berbagai tempat ibadah, berbagai aksi tanam pohon, dan membersihkan bibir pantai dari sampah. Dapat memangkas pandangan negatif mayarakat terhadap komunitas Vespa serta semakin besar peran scooteristuntuk kebaikan masyarakat.

CERIA : Disela-sela istirahat saat melakukan touring

CERIA : Disela-sela istirahat saat melakukan touring

Bahkah Ramadhan lalu, berbagi takjil kepada pengguna jalan di kawasan Jalan Sunan Kalijaga Tuban. Yang juga dihadiri Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad. “Kami ingin masyarakat memandang sesuatu tidak dari sebelah sisi saja, tapi memandang dan melihat kami dari berbagai sisi. Walaupun Style kami seperti ini. Kami juga bagian dari masyarakat yang wajib bersikap sosial dengan sesama,” imbuhnya.

Selain berkontribusi terhadap masyarakat, pihaknya juga berkontribusi untuk mendongkrak sektor pariwisata yang dimiliki Kabupaten Tuban. Diantaranya, dengan mengajak saudara vespa mengunjungi berbagai tempat wisata yang terdapat diwilayah tuban.

“Kebanyakan hobinya jalan-jalan dan berkeliling nusantara. Sektor pariwisata yang dimiliki tuban tidak kalah dengan daerah-daerah lain, dan kami pasti akan mengantar para tamu ke tempat-tempat wisata. maka secara tidak langsung kami juga peduli dengan pariwisata yang dimiliki tanah kelahiran kami,” pungkasnya.

Diketahui, komunitas Scoter Ronggolawe Bersatu atau yang dikenal dengan nama (Sroob) ini merupakan wadah dari seluruh penghobi Vespa di Kabupaten Tuban. Dan sudah resmi berbadan hukum Kementrian Hukum dan HAM sejak 28 Pebruari 2016, anggota dari komunitas ini tersebar diseluruh kecamatan wilayah Kabupaten Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author