Published On: Jum, Okt 14th, 2016

Cara Kapolres Tuban Bentuk Abang Becak Jadi Pelopor Tertib Lalu Lintas

TUBAN

seputartuban.com – Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad memiliki cara tersendiri membina abang becak agar tertib berlalu lintas di Kabupaten Tuban. Sebanyak 600 rompi lengkap dengan nomor punggung, dibagikan di Terminal Wisata Kebonsari, Kamis (13/10/2016).

SIAGA LANTAS : Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad saat mengenakan rompi kepada salah satu perwakilan abang becak

SIAGA LANTAS : Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad saat mengenakan rompi kepada salah satu perwakilan abang becak

Pemberian rompi lengkap dengan nomor punggung tersebut sebagai langkah kreatif pembinaan abang becak. Jika mereka ada yang melanggar aturan lalu lintas, akan mudah teridentifikasi oleh petugas maupun masyarakat.

Sedangkan sanksi yang diberikan melanggar aturan, mereka akan dikenakan denda  hingga dilakukan pengurangan trayek pemberangkatan. Bahkan tidak diizinkan lagi untuk bergabung didalam paguyuban abang becak. Sanksi itu berdasarkan hasil kesepakatan bersama dengan mereka.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan penjabaran program prioritas Polri. Diharapkan kesadaran mereka untuk taat aturan lalu lintas semakin meningkat. Sehingga keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di Kabupaten Tuban mudah terwujud.

Program ini muncul berdasarkan masukan dari masyarakat. Bahwa sebagian abang becak tersebut dikabarkan sering ugal-ugalan dan tidak mematuhi aturan lalu lintas. Bahkan menjadi menjadi pemicu kecelakaan.

“Dengan diberikannya rompi Yang sudah ada nomernya ini, jika nanti ada masyarakat yang melihat abang becak tidak tertib silahkan dilaporkan ke kami atau langsung pada ketua paguyuban,” terangnya.

600 rompi tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yakni sebanyak 365 rompi diberikan pada abang becak kelompok Terminal wisata kelurahan Kebonsari. Sedangkan 235 rompi lainya diberikan pada kelompok abang becak Musium kambang putih.

Diharapkan mereka dapat berperan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Mengingat keamanan dan kenyamanan pengguna jalan merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

“Akan kita evaluasi setiap bulanya dengan melibatkan masing-masing kordinator yang sudah kami bentuk. Kesepakatan ini sudah disepakati bersama-sama antara pihak paguyuban dan seluruh abang becak,” pungkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Ronggolawe Muda berkata:

    Kalo Abang becak yang di Parkir Bonsari ma gampang ndan pegangnya, yang di depan Musium itu lho ndan, yang dipegang Karang Taruna itu lho?tertibkan..!!! sekalian premanNya sikat..!!!