Published On: Sen, Mei 25th, 2015

Calon Independen Tuban Butuh 75 Ribu Dukungan

TUBAN

KASMURI: Jika jumlah penduduk Kabupaten Tuban saat ini 1.163.591 jiwa, maka untuk calon perseorangan setidaknya harus meperoleh dukungan 75.634 penduduk.

KASMURI: Jika jumlah penduduk Kabupaten Tuban saat ini 1.163.591 jiwa, maka untuk calon perseorangan setidaknya harus meperoleh dukungan 75.634 penduduk.

seputartuban.com–Ketika tiket partai politik sudah terjual habis sebagai syarat maju dalam Pilkada Tuban 2015, bukan berarti pintu sudah tertutup bagi kandidat yang akan berjuang dalam kontestasi lima tahunan dengan agenda pemilihan bupati dan wakil bupati ini.

Jalur independen atau perorangan menjadi pilihan obyektif dan fair bagi jago untuk bisa maju dalam Pilkada Tuban Desember mendatang. Hanya saja, untuk mendapatkan tiket jalur di luar partai politik tersebut butuh kerja keras.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengatakan untuk syarat dukungan jalur perseorangan setidaknya harus memiliki dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Tuban.

“Jika jumlah penduduk Kabupaten Tuban saat ini 1.163.591 jiwa, maka untuk calon perseorangan setidaknya harus meperoleh dukungan 75.634 jiwa,” terang Kasmuri, Senin (25/05/2015) siang.

Dia menegaskan, dukungan tersebut harus tersebar pada 50 persen kecamatan yang ada di  kabupaten Tuban. Setelah itu tim yang KPU Tuban akan melakukan validasi data.

Sedangkan persyaratan pengumuman calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan akan dibuka pada tanggal 11 hingga 15 Juni mendatang.

Ksmuri mengimbuhkan, persyaratan dukungan dan rekapitulasi dalam bentuk softcopy dan hardcopy rangkap tiga dan dilampiri identitas kependudukan (KTP dan SIM).

Rekapitulasi jumlah dukungan tersebut mengunakan folmulir model B.1-KWK perseorangan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author